Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Preman Berkedok Ormas akan Dibasmi

Nasional premanisme
Candra Yuri Nuralam • 05 November 2019 13:43
Jakarta: Polres Metro Bekasi memastikan akan menindak tegas preman. Polisi sedang berpatroli mencari preman yang meresahkan warga.
 
"Hari ini kita operasi di jalan-jalan. Apabila ada pemerasan di jalan seperti pungutan liar, kita operasi sekarang," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Bekasi Kompol Arman saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 5 November 2019.
 
Menurut dia, Korps Bhayangkara tidak akan menoleransi siapa pun yang mengintimidasi masyarakat dengan kedok apa pun. Semua masyarakat, kata dia, sama di mata hukum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Polisi, lanjut dia, tidak segan menindak organisasi massa (ormas) jika terbukti menjalankan aksi premanisme. Mereka tak boleh bertindak semaunya demi keuntungan pribadi.
 
"Baik itu oknum ormas, surat tugas, atau apa. Jadi upaya kami tentunya kalau ada tindak pidana yang timbul misalnya pemerasan atau ancaman kekerasan pasti kami akan tindak," ucap Arman.
 
Sebelumnya, beredar video berisi sekelompok ormas yang 'memaksa' agar miniswalayan bekerja sama dalam pengelolaan parkir. Dalam video itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Bekasi Aan Suhanda meminta minimarket memperbolehkan ormas menarik retribusi parkir.
 
Polda Metro Jaya (PMJ) akan turun tangan menyelidiki klaim sepihak lahan parkir oleh ormas di Bekasi. Polisi tidak segan-segan menindak aksi premanisme yang menghantui masyarakat.
 
"Kami dari jajaran PMJ akan menurunkan tim khusus untuk mendalami kejadian di Bekasi Kota," kata Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto, Senin, 4 November 2019.
 
Menurut dia, penyelidikan fokus pada ada atau tidaknya tindakan melawan hukum, baik itu secara verbal dan nonverbal. "Ada tindakan-tindakan premanisme dalam bentuk apa pun, kita tidak akan toleransi," ujar dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif