Kepala BNPB Doni Monardo/ANT/Indrianto Eko Suwarso
Kepala BNPB Doni Monardo/ANT/Indrianto Eko Suwarso

Koordinasi Penjagaan Pendeteksi Bencana Diintensifkan

Nasional bnpb
Damar Iradat • 24 Januari 2019 16:10
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggandeng TNI menjaga pendeteksi bencana. Pengamanan oleh TNI merupakan perintah Presiden Joko Widodo.
 
"Jadi ada sensor, ada alat deteksi di berbagai kawasan, perlu ada sebuah sistem terintegrasi untuk pengamanan," kata Kepala BNPB Letjen Doni Monardi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Januari 2019.
 
Baca: BNPB: Indonesia Butuh Alat Pendeteksi Tsunami

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Doni menjelaskan banyak oknum tak bertanggung jawab mencuri pendeteksi bencana. Padahal, pendeteksi berpengaruh besar dengan potensi jumlah korban bila bencana terjadi.
 
"Nah, ketika terjadi peristiwa alam, kita enggak bisa mendeteksi, berarti korban yang ditimbulkan sangat besar," sesal dia.
 
Namun, pengadaan pendeteksi masih menjadi isu penting. BNPB bakal bekerja sama dengan berbagai lembaga terkait.
 
Baca: BMKG Diminta Memperbaiki Pendeteksi Bencana
 
Lembaga tersebut ialah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Koordinasi penting karena juga menyangkut rencana penjagaan alat yang nantinya menjadi tugas TNI.
 
"Termasuk semuanya yang secara teknis selalu ditugaskan oleh negara menyiapkan alat-alat ini. selanjutnya di mana letak alat ini, kemudian bagaimana pengaturan pengamanannya oleh TNI ke depan," beber dia.
 

 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi