Pencarian Lion Air JT610 Belum Menemukan Titik Terang

30 Oktober 2018 18:24 WIB
Lion Air Jatuh
Pencarian Lion Air JT610 Belum Menemukan Titik Terang
Anggota TNI AL bersiap melakukan penyelaman untuk mencari korban jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di Perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. (Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta: Pencarian korban dan bangkai pesawat Lion Air JT610 hingga hari kedua belum menemukan titik terang. Wakil Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Haryo Sasmito mengatakan tim terus berupaya untuk menemukan badan pesawat termasuk black box yang merekam seluruh kegiatan di dalam pesawat.

"Hari kedua belum memuaskan. Sampai saat ini kami masih melakukan penyisiran dan belum menemukan apa yang kami harapkan," ujarnya dalam Breaking News Metro TV, Selasa, 30 Oktober 2018.

Haryo mengungkapkan saat ini penyisiran tahap pertama dilakukan di area seluas lima kilometer dari titik pertama yang diduga menjadi lokasi jatuhnya pesawat. KNKT dibantu peralatan multibeam sonar dan ping locater dari kapal Baruna Jaya 1 terus mencari keberadaan black box pesawat.


Secara teknis, multibeam sonar dan ping locater akan menangkap sinyal yang dipancarkan oleh black box. Pihaknya sempat menerima sinyal tersebut namun menghilang sesaat setelah tim berupaya mendekati sumber.

"Tadi ada harapan tapi begitu didekati sinyal yang berupa bunyi itu hilang. Bunyi yang ditangkap diindikasikan berasal dari black box," ungkapnya.

Haryo menambahkan sinyal yang dipancarkan black box tidak bisa didengar langsung oleh telinga. Karenanya, KNKT bersama tim menerjunkan dua multibeam sonar dan ping locater untuk mempercepat inti pencarian.

"Ketika sudah ditemukan (tanda-tanda) badan pesawat kami akan melakukan penyelaman. (Penyelaman) Kami berkoordinasi dengan tim dari Basarnas, KNKT hanya menentukan titik di mana black box dan badan pesawat berada," jelasnya.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id