Kepala Basarnas: Syachrul Anto Penyelam Militan

Kautsar Widya Prabowo 03 November 2018 12:54 WIB
Lion Air Jatuh
Kepala Basarnas: Syachrul Anto Penyelam Militan
Kepala Basarnas M. Syaugi/Medcom.id/Damar Iradat
Jakarta: Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Indonesia Rescue Diver Team berduka kehilangan Syachrul Anto, penyelam yang mendinggal dalam evakuasi Lion PK-LQP. Kepala Basarnas M. Syaugi menegaskan Syahrul gugur dalam tugas kemanusiaan.

"Almarhum adalah personel yang kualitasnya tinggi, militan, senior, jam selam cukup tinggi. Kalau Tuhan mengkehendaki lain, tidak ada satu pun kita yang bisa mencegahnya," ucap Syaugi di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Timur, Sabtu, 3 November 2018.

Syaugi menjelaskan, Syachrul dan buddy-nya turun ke dasar laut untuk melihat barang-barang maupun korban. Syachrul kemudian 'hilang' dari area pencarian.


"Setelah itu satu pihak sedang mencari sesuatu tiba-tiba menengok yang satunya tidak ada.  Cari-cari tidak ada, naik ke atas. Ternyata (Syachrul) sudah ke atas (permukaan laut), agak jauh dan ditemukan tim SAR, pingsan," beber dia.

Baca: Anggota Tim Evakuasi Lion Meninggal Dalam Tugas

Tim dokter di kapal Victory langsung menangani. Syachrul sempat sadar dan dimasukkan ke chamber karena mengalami dekompresi. Semua alat itu dipastikan berfungsi baik.

"Kita punya peralatan itu semua. Setelah itu, Tuhan berkehendak lain. Kita segera bawa tadi malam (Jumat, 2 November 2018) secepatnya ke Jakarta kemudian ke RSUD Koja," ucap dia.

Syachrul dinyatakan meninggal. Jenazahnya sudah dibawa ke kampung halaman di Surabaya.

"Hari ini sudah diterima keluarga dan dimakamkan siang ini di Surabaya" tegas Syaugi.

Syaugi memastikan Syachrul maupun sang buddy sudah mejalankan prosedur. Ia yakin tak ada yang keliru dengan prosedur penyelaman. Semua penyelam dinyatakan sehat, peralatan, teknik dan lain-lain dipastikan siap.

"Berangkat ke medan operasi sudah siap semua," tegas dia.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id