Tol Bocimi Diharap Tersambung hingga Bandung

Yogi Bayu Aji 01 Desember 2018 15:47 WIB
infrastrukturjalan tol
Tol Bocimi Diharap Tersambung hingga Bandung
Sejumlah pengendara melintas di Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I. (ANT/Yulius Satria Wijaya)
Bogor: Presiden Joko Widodo ingin Tol Bogor, Ciawi, Sukabumi (Bocimi) bisa tersambung hingga Bandung. Langkah awalnya, ketika seluruh seksi rampung di 2020, Tol Bocimi bakal disambung ke Cianjur. 

"Begitu ini selesai nanti di 2020 terus ke Cianjur, terus ke Bandung. Langsung nanti ke timur lagi ke Cilacap, nanti ke timur lagi ke Yogya. Artinya yang selatan juga kita kerjakan," kata Jokowi di Gerbang Tol Cigombong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 1 Desember 2018. 

Kepala Negara tak menargetkan kapan Tol Bocimi bisa tersambung hingga Bandung. Namun, dia ingin proyek ini digarap secepat-cepatnya. 


Dia meyakini keberadaan tol ini bakal menjadi alternatif baru kendaraan dari Jakarta ke Bandung. Dia pun memastikan, keberlanjutan proyek Tol Bocimi tak menemui kendala pembebasan lahan sehingga bisa rampung pada 2020. 

Di sisi lain, lalu lintas menuju barang dan orang ke Sukabumi juga akan dikembangkan dengan proyek jalur kereta api dwi ganda dan Sukabuni. Ekonomi dan pariwisata di Sukabumi pun diharap berkembang. 

"Sukabumi itu punya semua, punya potensi semuanya. Ada geopark, pantai, gunung. Ini kekeliruannya Bocimi enggak rampung-rampung. Kekeliruannya hanya itu saja. Ini yang kita selesaikan," jelas dia. 

Baca: Jokowi Resmikan Tol Bocimi setelah Mangkrak 21 Tahun



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id