Jokowi Puas Pembangunan BIJB Tanpa Dana Pemerintah
Presiden Joko Widodo saat mengunjungi BIJB. Foto: Humas BIJB.
Majalengka: Presiden Joko Widodo (Jokowi) senang dengan pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Pasalnya, proyek itu tidak bergantung dengan sokongan dana dari pemerintah.

Jokowi menjelaskan pembangunan BIJB menghabiskan dana sekitar Rp2,6 triliun. Biaya itu bisa terpenuhi dengan skema kemitraan pemerintah swasta (KPS).

"Ini anggaran sudah‎ tidak sedikit untuk konstruksi dan pembebasan lahan. Ini kerja sama Pemerintah Provinsi Jabar, swasta, pusat dan pengerjaannya cepat sekali ini," kata Jokowi saat meninjau BIJB di Majalengka, Jabar, Selasa, 17 April 2018.


Menurut dia, model kerja sama bisnis ini mempercepat pembiayaan sehingga pembangunan infrasuktur bisa dikebut. Skema pembiayaan pembangunan BIJB pun diharap bisa menjadi contoh proyek lain. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut Presiden meninjau lokasi untuk melihat kesiapan bandara. Pemerintah ingin melihat apakah fasilitas penunjang siap menghadapi musim haji.

"Kita ingin memastikan apakah aksebilitas (jalan) hotel di Majalengka, sudah bisa berfungsi baik untuk beroperasinya Bandara Kertajati," ungkap dia.

Menhub melihat banyak pembangunan BIJB sudah selesai. Sejumlah fasilitas penunjang dianggap sudah cukup baik. "Saya melihat fisik di sini milik bandara sudah selesai, aksebilitas dan fasilitas lainnya seperti hotel juga," pungkas dia.

Baca: Jokowi: Pembangunan Bandara Internasional Jabar Sesuai Target

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menambahkan pembangunan bandara direncanakan selesai pada Mei. Uji coba penerbangan dilakukan pada 24 Mei nanti. 

Tiga paket pembangunan untuk sisi darat seluruhnya sudah hampir menyentuh angka 100 persen. Landasan, air traffic control (ATC) dan landasan gelinding juga sudah siap digunakan untuk pendaratan pesawat seperti Boeing 737.

"Ini sudah 93 persen. Dan Mei ini pembangunan insyaallah sudah selesai," ungkap Virda.



(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360