Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

5 Wilayah di Bali Terapkan PPKM

Nasional Virus Korona PSBB pandemi covid-19 PSBM
Anggi Tondi Martaon • 08 Januari 2021 22:05
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menambah daerah yang menerapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Jumlahnya menjadi 5 kabupaten/kota.
 
"Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Klukung, Gianyar, dan Tabanan," kata Gubernur Bali I Wayan Koster dalam diskusi virtual yang disiarkan di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, 8 Desember 2021.
 
Dia menyebut alasan penambahan ini karena kelima daerah banyak dikunjungi wisatawan selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Upaya ini diharap efektif menekan penyebaran covid-19 setelah libur akhir tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Interaksi masyarakatnya cukup tinggi karena aktivitas pariwisata," kata dia.
 
Meski menambah jumlah daerah, ketentuan pembatasan tidak seketat Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 1 Tahun 2021. Seperti jumlah pegawai yang menerapkan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH) sebesar 50 persen.
 
Baca: Pemprov Bali Berencana Menyubsidi Biaya Rapid Test bagi Pendatang
 
"Untuk pelayanan rumah sakit 75 persen dan pelayanan umum 75 persen (bekerja di kantor) agar tidak menggangu pelayanan," sebut dia.
 
Kelonggaran juga diberlakukan terkait pembatasan aktivitas di pusat perbelanjaan dan restoran. Pemprov membatasi kegiatan hingga pukul 21.00 WITA.
 
"Kalau jam 7 malam orang baru keluar dari kantor, belum sempat ngapa-ngapain nanti restoran di Bali bisa mati," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif