Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

54 Wilayah Zona Oranye Covid-19, Stagnan 10 Pekan

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 30 Oktober 2020 00:18
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat 54 kabupaten atau kota yang masih berada di zona oranye. Kondisi ini telah terjadi selama 10 pekan.
 
"Sebanyak 54 kabupeten atau kota dengan zona oranye tanpa perubahan," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis, 29 Oktober 2020.
 
Wiku meminta pemerintah daerah (Pemda) setempat bekerja sama membereskan situasi tersebut. Minimal beranjak ke zona kuning.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami menunggu kepada 54 kabupaten/kota ini untuk bisa berpindah menjadi zona kuning di minggu depan. Mari kita bekerja sama," ujar Wiku.
 
Ke-54 wilayah yang masih oranye hingga 10 pekan itu tersebar di 22 provinsi. Pulau Sumatra di antaranya Aceh Tengah, dan Aceh.
 
Sumatra Utara, yaitu Asahan, Karo, Kota Pematang Siantar, Labuhan Batu, Padang Lawas. Kemudian, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, dan Toba Samosir.
 
Sumatra Selatan terdiri atas Banyuasin, Kota Palembang, dan Kota Prabumulih. Lalu, Sumatra Barat ada Kota Solok dan Kepulauan Riau di Bintan.
 
Beranjak ke Pulau Jawa, diisi Jawa Barat, yakni Bogor. Kemudian Jawa Tengah, yaitu Demak, Grobogan, Kota Magelang, Purworejo, dan Sragen.
 
Jawa Timur, yaitu Blitar, Jember dan Jombang. Kemudian Banten, yaitu Pandeglang dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yaitu Bantul, Kota Yogyakarta, dan Kulon Progo.
 
"Nusa Tenggara Barat (NTB) berada di Lombok Barat," ujar Wiku.
 
Baca: Angka Kematian Covid-19 di 26 Wilayah Tercatat di Atas 100
 
Pulau Kalimantan dimulai dari Kalimantan Utara yaitu Pulungan. Kalimantan Timur, yaitu Paser. Kalimantan Tengah, yaitu Kapuas, Katingan, dan Pulang Pisau. Kemudian Kalimantan Selatan, yaitu Kota Banjar Baru dan Tanah Bumbu.
 
Beralih ke Pulau Sulawesi yang diawali Sulawesi Utara di Kota Bitung, Kota Kotamobagu, dan Minahasa Selatan. Sulawesi Selatan, yakni Gowa, Luwo Utara, Maros, Pangkajene, dan Kepulauan serta Sinjai.
 
Kemudian, Sulawesi Tenggara, yaitu Buton, Buton Tengah, dan Kota Bau-bau. Sulawesi Barat, Mamuju dan Gorontalo di Gorontalo Utara.
 
"Di Maluku Utara yaitu, Halmahera Utara dan Kota Ternate dan Papua, yaitu Keerom," ucap Wiku.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif