Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Presiden Joko Widodo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Jokowi Minta Pramuka Mendukung Penanganan Covid-19

Theofilus Ifan Sucipto • 12 Agustus 2020 16:34
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Pramuka mendukung upaya pengendalian virus korona (covid-19). Caranya dengan membentuk gerakan nasional.
 
"Saya minta saudara-saudara membuat dua gerakan nasional," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Agustus 2020.
 
Jokowi menyebut gerakan pertama adalah Gerakan Kedisiplinan Nasional. Tugasnya mengajak masyarakat disiplin protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gerakan berikutnya yakni Gerakan Kepedulian Nasional. Fokusnya mengajak masyarakat saling peduli, membantu, dan berbagi.
 
"Dua gerakan ini bukan hanya membantu penanganan covid-19 tapi mengasah jiwa kepemimpinan dan karakter saudara-saudara," ujar Jokowi.
 
Baca: 10 Provinsi Sukses Tekan Penyebaran Covid-19
 
Menurut Kepala Negara, pandemi covid-19 menjadi kesempatan pramuka untuk berkarya. Hal itu sesuai semangat Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Darma.
 
Jokowi juga mengatakan pandemi covid-19 menjadi ajang pramuka mengasah ilmu pengetahuan dan teknologi. Sebab, masalah kesehatan dan ekonomi membutuhkan kedua hal tersebut.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menilai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi kian penting. Apalagi, tantangan bangsa bakal semakin berat dan kompleks.
 
"Giatlah belajar, kuasai ilmu setinggi-tingginya, jadilah sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang hebat," ucap Jokowi.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif