Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Darah Korban Asap Genset Dipenuhi Karbon Monoksida

Nasional banjir jakarta pemadaman listrik
Zaenal Arifin • 03 Januari 2020 15:52
akarta: Warga Pulo Gadung, Jakarta Timur, Mahmudi beserta keluarganya, dipastikan tewas karena asap genset. Kejelasan ini diketahui setelah uji laboratorium terhadap keempat korban.
 
"Darahnya positif CO (karbon monoksida) semua," kata Kepala Instalasi Forensik RS Polri Kramat Jati Komisaris Besar (Kombes) Sumy Hastry Purwanti di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Jenazah Mahmudi, 35; istrinya, Ayu Maryana Oktavia, 29; serta dua anaknya, Selvia Audy Pratiwi, 9; dan Mahezha Kurniawan, 5; tiba di RS Polri pukul 03.00 WIB. Begitu datang, korban langsung diperiksa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada tanda kekerasan apa pun selain racun CO," ungap Sumy.
 
Sumy menuturkan keempatnya diperkirakan tewas lebih dari 12 jam karena sudah ada pembusukan. Korban diduga tewas saat tertidur karena tidak sadar menghirup karbon monoksida.
 
Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun gas muncul dari pembakaran gas, minyak, petrol, bahan bakar padat, atau kayu. Gas ini memiliki sifat beracun, tidak berwarna, tidak berbau, serta tidak mengiritasi kulit dan mata.
 
Gejala keracunan CO berupa rasa kantuk, pingsan, koma, hingga berujung pada kematian. Korban terkadang tak menyadari bila keracunan CO. Korban dapat sewaktu-waktu meninggal saat tidur tanpa menunjukkan gejala apa pun.
 
Sumy tak bisa memastikan apakah keempatnya sempat terbangun dan tersedak gas CO karena keluarga menolak diautopsi. Untuk mengetahui para korban sempat tersedak atau tewas dalam keadaan tidur, autopsi perlu dilakukan.
 
"Kalau dalam keadaan sadar pasti batuk-batuk. Untuk mengetahui mereka terbangun dan batuk-batuk atau tidak perlu dilihat jalur pernapasannya lewat autopsi," tutur dia.
 
Keluarga Mahmudi ditemukan tewas di kediamannya di RT 01/RW 09 Kelurahan Pulo Gadung, sekitar pukul 23.30 WIB, Kamis, 2 Januari 2020. Korban diduga menggunakan genset di dalam rumah karena dilanda pemadaman listrik akibat banjir.
 
"Hasil olah TKP (tempat kejadian perkara) pada jasad korban ditemukan tanda-tanda keracunan gas. Tubuh para korban memerah dan dari hidungnya mengeluarkan darah," tutur Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Metro Jakarta Timur AKBP Hery Purnomo.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif