Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANT/Puspa Perwitasari.
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANT/Puspa Perwitasari.

Jokowi Ingin Persiapan Dubai Expo Digarap Serius

Nasional presiden jokowi
Damar Iradat • 13 Agustus 2019 15:08
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta jajarannya mempersiapkan diri mengikuti Dubai Expo 2020. Jokowi ingin Dubai Expo 2020 jadi sarana promosi Indonesia ke seluruh dunia.
 
Menurut Jokowi, Dubai Expo 2020 merupakan event ketiga terbesar di dunia setelah Piala Dunia dan Olimpiade. Expo penemuan teknologi dan inovasi industri itu diikuti kurang lebih 190 negara.
 
"Dan, kita harus memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya, baik dalam rangka urusan perdagangan, pariwisata, dan urusan investasi di internasional, khususnya pasar di Timur Tengah," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Jokowi, dalam penyelenggaraan Dubai Expo, Indonesia harus berubah. Persiapan juga harus matang dan detail.
 
"Desain venue, lokasi, paviliun betul-betul harus menampilkan wajah Indonesia sebagai sebuah negara besar," ungkap dia.
 
Baca: Wapres Sindir Pengembangan Panas Bumi Lambat
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan agar panitia Indonesia jangan sampai salah memilih lokasi pameran di Dubai Expo. Ia mewanti-wanti agar lokasi pameran produk Indonesia tidak di posisi paling belakang.
 
"Kalau seperti itu tidak usah ikut. Malah malu. Kita ingin membangun sebuah trust, membangun sebuah kepercayaan, membangun sebuah imej tapi kita tidak dapat apa-apa," papar Jokowi.
 
Jokowi juga meminta agar semua pameran produk Indonesia di luar negeri digarap serius dan terintegrasi antara perdagangan, investasi, dan pariwisata. Ia juga mengatakan agar pemerintah dan swasta bisa berjalan beringinan dalam menjalani itu semua.
 
"Dan, yang saya hitung, misalnya di kementerian, anggaran pameran yang saya hitung di 18 kementerian, semuanya memiliki anggaran pameran. Ini belum termasuk BUMN," tutur dia.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif