BIN melakukan vaksinasi covid-19 di Kaltim. (Istimewa)
BIN melakukan vaksinasi covid-19 di Kaltim. (Istimewa)

BIN Intensifkan Vaksinasi Covid-19 Demi Pemulihan Ekonomi

Lukman Diah Sari • 21 Mei 2022 17:53
Jakarta: Badan Intelijen Negara (BIN) mengintensifkan vaksinasi covid-19 di lima kabupaten/kota di Kalimantan Timur untuk mengejar rasio capaian vaksin serta pemulihan ekonomi. Lima wilayah itu adalah Berau, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.
 
Kepala BIN Daerah Kalimantan Timur Brigjen TNI Danny Koswara mengungkap capaian vaksinasi di Kaltim tergolong baik untuk dosis pertama, yaitu 100,95 persen dari target. Sementara untuk dosis kedua tercatat 88,11 persen, dan dosis ketiga 25,99 persen.
 
"Untuk dosis kedua dan ketiga memang masih harus kita kejar. Caranya kegiatan vaksinasi kita intensifkan di wilayah yang banyak daerah 4T, terpencil, terdalam, terluar, dan terjauh agar capaian dosis kedua dan ketiganya naik cepat," ujar Danny, dalam keterangannya, Sabtu, 21 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menerangkan pemenuhan target vaksinasi sangat penting meskipun kasus covid-19 semakin terkendali. Dia menjelaskan kini masyarakat bisa leluasa berkaktivitas usai pemerintah melakukan pelonggaran. 
 
"Berkat vaksinasi yang kita gencarkan selama dua tahun terakhir, pandemi semakin terkendali dan pelonggaran aktivitas sosial semakin luas. Hal ini harus kita syukuri dengan cara melanjutkan vaksinasi hingga tuntas ke dosis ketiga, sehingga kekebalan komunal bisa semakin meningkat," jelas Danny.
 
Baca: 4,38 Juta Lansia Terlindungi Vaksin Booster
 
Dia menuturkan pemerintah kini membolehkan masyarakat melepas masker saat berada di ruang terbuka. Selain itu warga yang telah divaksinasi penguat tak perlu melakukan tes antigen serta PCR.
 
"Pemerintah akan memberikan pelonggaran sesuai dengan hasil asesmen berbagai parameter pandemi. Karena Pemerintah juga menginginkan pemulihan perekonomian masyarakat berlangsung dengan baik. Karena itu kita dukung dengan peningkatan capaian vaksinasi ini," papar dia.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif