Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto. Istimewa
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Mayjen TNI Suharyanto. Istimewa

Kunjungi Lumajang, Kepala BNPB Pastikan Pengungsi Semeru Tertangani dengan Cepat

Nasional Erupsi Gunung BNPB gunung semeru Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
Candra Yuri Nuralam • 05 Desember 2021 08:00
Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengunjungi Lumajang, Jawa Timur. Dia ingin memantau masyarakat yang sedang mengungsi karena erupsi Gunung Semeru.
 
"Kami datang untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi ini bisa berjalan secara tepat dan cepat," kata Suharyanto melalui keterangan tertulis, Minggu, 5 Desember 2021.
 
Kunjungan Suharyanto merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi ingin Suharyanto memeriksa seluruh kebutuhan pengungsi terpenuhi dengan optimal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan tentunya kebutuhan dasar dari pengungsi ini akan kami yakinkan untuk dapat terfasilitiasi secara optimal," ujar Suharyanto.
 
Baca: 38 Orang di Lumajang Mengalami Luka Bakar Akibat Erupsi Gunung Semeru
 
Suharyanto mengatakan BNPB sudah mengirimkan tim cepat dengan bantuan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat saat mendengar kabar Gunung Semeru erupsi. Beberapa kebutuhan pokok yang diperlukan pengungsi langsung disiapkan usai lokasi tempat berlindung darurat itu dibangun.
 
"BNPB terlebih dahulu sudah mengirimkan tim reaksi cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan BPBD Provinsi Jawa Timur via darat dengan membawa logistik seperti selimut, makanan siap saji, terpal, tenda darurat, dan logistik dasar lainnya," tutur Suharyanto.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif