Ilustrasi. Foto: Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI)
Ilustrasi. Foto: Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI)

BANI Beri Edukasi soal Arbitrase ke Media

Nasional pengadilan
03 April 2019 20:05
Jakarta: Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) membagikan materi edukasi tentang arbitrase kepada awak media. Edukasi ini diberikan agar media bisa memberikan informasi ke masyarakat bahwa ada alternatif penyelesaian sengketa di luar jalur persidangan.
 
"Kita juga rutin bekerja sama dengan IArbI (Institut Arbiter Indonesia) untuk melakukan pelatihan arbitrase bagi semua profesi," kata Ketua BANI Husseyn Umar melalui keterangan tertulis, Rabu, 3 April 2019.
 
Edukasi arbitrase secara interaktif kepada media ini merupakan yang pertama kali dilakukan BANI. "Biasanya kami yang datang ke kantor media untuk melakukan sosialisasi, namun ini pertama kalinya rekan-rekan media berkumpul dalam satu forum dan berdiskusi bersama," papar Husseyn.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan bahwa banyak rekan media yang belum paham prinsip arbitrase. “Di seluruh dunia persidangan arbitrase itu pasti tertutup. Dengan kata lain sengketa tidak akan terpublikasikan. Rahasia klien tidak akan tersebar ke publik. Berbeda dengan sidang di pengadilan negeri yang bisa diakses dengan mudah oleh wartawan," ujarnya.
 
Husseyn berharap media bisa memahami prinsip ketertutupan sidang arbitrase ini. “Kami bukan pelit informasi kepada wartawan, tapi memang semua proses persidangan tidak boleh dipublikasikan," ujar dia.
 
Edukasi angkatan I ini mengundang 15 peserta. Selanjutnya, BANI akan membuat edukasi yang sama untuk angkatan II dengan mengundang 15 peserta dari kalangan jurnalis. "Materi yang dijelaskan meliputi pengertian, dasar-dasar, manfaat dari arbitrase, dan tata cara pelaksanaan arbitrase," jelas Urry Kartopati, ketua panitia penyelenggara edukasi.
 

(UWA)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif