Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto--Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto--Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

KPAI: Angka Kasus Kekerasan Tinggi Karena Kesadaran Melapor

Nasional kekerasan anak
Antara • 09 Mei 2019 13:35
Jakarta: Angka kasus kekerasan anak yang tinggi dalam Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja 2018 dianggap bukan hal yang mengkhawatirkan. Justru hal itu menunjukkan kesadaran untuk melaporkan kasus kekerasan semakin tinggi.
 
"Survei tersebut potret bahwa ada kenaikan kesadaran bagi korban dan keluarga korban untuk melapor dan berbicara tentang kekerasan yang dialami," kata Ketua Komisi Pelindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto saat dihubungi di Jakarta, Kamis, 9 Mei 2019.
 
Dia berharap kenyataan itu bisa berbanding lurus dengan kualitas layanan aparat penegak hukum. Saat kesadaran masyarakat untuk melapor tinggi, aparat penegak hukum juga harus meningkatkan kualitas pelayanan dalam memproses laporan kekerasan terhadap anak dan memastikan korban mendapat pelayanan rehabilitasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya rehabilitasi terhadap anak korban kekerasan juga perlu ditingkatkan," katanya.
 
Baca: KPAI Terima Laporan Pengeroyokan 12 Siswi di Pontianak
 
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak telah melakukan Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja 2018 terhadap 11.410 rumah tangga yang tersebar di 1.390 blok sensus di 232 kecamatan yang berada di 150 kabupaten/kota di 32 provinsi. Hasil survei menunjukkan dua dari tiga anak dan remaja perempuan atau laki-laki pernah mengalami salah satu bentuk kekerasan sepanjang hidupnya.
 
Kekerasan yang dialami cenderung tumpang tindih antara kekerasan emosional, kekerasan fisik dan kekerasan seksual. Tiga dari empat anak-anak dan remaja yang pernah mengalami kekerasan salah satu jenis atau lebih melaporkan bahwa pelaku kekerasan adalah teman atau sebayanya.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif