Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Dok.DPR RI)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto:Dok.DPR RI)

Bamsoet Minta Kemenkes Tingkatkan Upaya Pemberantasan Malaria

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 26 April 2019 09:30
Jakarta: Hari Malaria Sedunia diperingati setiap 25 April. Sehubungan dengan itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI diimbau melakukan berbagai upaya pencegahan malaria.
 
"Kemenkes diharapkan terus melakukan upaya-upaya yang dapat memperluas daerah eliminasi terhadap malaria," kata Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dalam keterangan tertulis, Jumat, 26 April 2019.
 
Imbauan disampaikan Politikus Golkar itu untuk mewujudkan target nol persen daerah endemis malaria pada 2020. Indonesia juga menargetkan eliminasi malaria pada 2030.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua DPR yang karib disapa Bamsoet itu juga mendorong Kemenkes memberikan pelatihan kepada tenaga medis untuk penanganan terhadap penyakit malaria, serta menyediakan alat diagnosa dan obat anti malaria.
 
Bamsoet pun mengingatkan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam memberantas malaria. Misalnya melalui penerapan 3M, yaitu menutup, mengubur, dan menguras.
 
"Gunakan juga kelambu, rutin melakukan penyemprotan di rumah, menggunakan losion anti nyamuk, dan menjaga lingkungan agar tetap bersih untuk mencegah tersebar luasnya nyamuk malaria," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif