Black Box yang Ditemukan Diduga Data Penerbangan

Fachri Audhia Hafiez 01 November 2018 23:29 WIB
Lion Air Jatuh
<i>Black Box</i> yang Ditemukan Diduga Data Penerbangan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Komite Nasional Keselamatan dan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono tengah mengamati black box pesawat Lion Air JT610. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Black box pesawat Lion Air JT610 yang ditemukan diduga merupakan Flight Data Recorder (FDR). Isi dari FDR ialah rekaman data penerbangan seperti kecepatan, ketinggian, serta pembacaan perangkat avionik pesawat.

"Ini kemungkinan besar adalah flight data recoder, nanti sampai di lab kita akan tahu apakah ini sebenarnya FDR atau CVR (Cockpit Voice Recorder)," kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis, 1 November 2018.

Dia berharap penemuan black box nomor registrasi PK-LQP itu bisa menyingkap penyebab jatuhnya Lion Air JT610. Sebab, sejumlah data terekam di kotak yang berwarna oranye itu.


"Jadi sekali lagi mudah-mudahan dengan ditemukannya FDR ini kita bisa menguak misteri kenapa pesawat ini mengalami kecelakaan," ucap Soerjanto.

Tim evakuasi sebelumnya menemukan black box di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat. Black box ditemukan Sertu Hendra, penyelam dari Batalyon Intai Amfibi TNI AL, di kedalaman sekitar 30 meter.

Black box merupakan alat yang mampu merekam audio seluruh kegiatan di dalam pesawat. Audio yang terekam untuk mengetahui menit-menit akhir sebelum pesawat mengalami musibah.

Black box terdiri dari dua macam, yakni FDR dan CVR. FDR berisikan data penerbangan seperti kecepatan, ketinggian, maupun pembacaan perangkat avionik pesawat. Sedangkan, CVR merekam aktivitas komunikasi pilot dan co-pilot.



(AZF)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id