Politikus Partai NasDem Lathifa Al Anshori (kiri) bersama dengan politikus PSI Tsamara Amany (kanan). (Foto: MI/Mohamad Irfan)
Politikus Partai NasDem Lathifa Al Anshori (kiri) bersama dengan politikus PSI Tsamara Amany (kanan). (Foto: MI/Mohamad Irfan)

Ibu Kota Baru Alternatif Tempat Pelesiran

Nasional pemindahan ibukota
M Sholahadhin Azhar • 15 Mei 2019 07:13
Jakarta: Ide tentang ibu kota baru harus dibuat sevisioner mungkin. Politisi NasDem Lathifa Al Ansori punya pandangan ibu kota nantinya tak hanya menjadi pusat pemerintahan.
 
"Mari kita visikan ibu kota baru itu bukan cuma tempat melaksanakan pemerintahan, tetapi juga menjadi tempat kita pelesir sekali-kali," kata Lathifa di Jakarta, Selasa, 15 Mei 2019.
 
Menurut dia, ibu kota baru harus menjadi ikon Indonesia yang bisa dibanggakan. Sebagaimana wisatawan bangga ketika mengunggah foto di Washington DC misalnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu, kalau saya pribadi sebagai orang muda yang suka buka sosial media, ingin ibu kota baru itu instagramable," kata dia.
 
Baca juga:Ibu Kota Baru Mengusung Konsep Lingkungan
 
Dengan demikian, estetika ibu kota baru perlu dikaji lebih lanjut. Bagaimana membangun kota baru yang lebih dari sekadar pusat pemerintahan, namun juga cocok dipakai berwisata.
 
Lathifa juga menyebut ibu kota baru harus mumpuni dari segi teknologi. Jaringan komunikasi super cepat otomatis perlu dihadirkan di sana.
 
Politisi PSI Tsamara Amany sepakat dengan usulan ibu kota baru sekaligus tempat wisata. Sebab berkaca dari Jakarta, mayoritas masyarakat menjadikan mal sebagai tempat hiburan.
 
Penyebabnya, tak ada ruang terbuka hijau yang cukup di Jakarta, sehingga orang memilih ke mal. "Kalau di New York, Eropa, banyak orang pergi ke taman untuk kumpul bertemu orang, itu enggak ada di Jakarta," ujar Tsamara.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif