Presiden Joko Widodo--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Presiden Joko Widodo--Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jokowi Imbau Masyarakat Tak Terpancing Isu Tsunami Susulan

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Achmad Zulfikar Fazli • 23 Desember 2018 18:28
Banggai: Presiden Joko Widodo mengimbau agar masyarakat tetap tenang dalam menyikapi musibah tsunami di Banten dan Lampung. Dia juga meminta masyarakat tak mudah percaya dengan informasi-informasi yang beredar terkait adanya tsunami susulan.

"Masyarakat saya imbau untuk tetap tenang tapi juga waspada, tidak terpancing oleh isu-isu yang menyesatkan," ujar Jokowi di Bandar Udara Syukuran Aminuddin Amir, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Minggu, 23 Desember 2018.

Dia memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk terus memberikan perkembangan soal cuaca di sekitar Selat Sunda kepada masyarakat. Dia ingin informasi itu diberikan secapatnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: BNPB: Korban Tewas Akibat Tsunami Bertambah jadi 222 Orang Dia juga memerintahkan jajarannya untuk melihat, menangani dan mengevakuasi korban tsunami. "Saya juga telah memerintahkan untuk melakukan langkah-langkah darurat menemukan korban dan juga melakukan perawatan secepat-cepatnya," ujar dia.

Tsunami terjadi di Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018. Hingga saat ini tercatat ada 222 orang tewas akibat bencana tersebut.

Selain itu, sebanyak 843 orang luka-luka, dan 28 orang hilang. Kemudian, 556 unit rumah rusak, 9 unit hotel rusak berat, 60 warung kuliner rusak, serta 350 kapal dan perahu rusak.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi