Presiden Jokowi bertemu korban tsunami di Banten/Foto: Biro Pers Istana
Presiden Jokowi bertemu korban tsunami di Banten/Foto: Biro Pers Istana

Jokowi Perintahkan BMKG Beli Pendeteksi Dini Bencana

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Achmad Zulfikar Fazli • 24 Desember 2018 17:16
Banten: Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) segera membeli alat peringatan dini bencana. Keberadaan alat itu bisa mencegah jatuhnya korban akibat bencana.
 
"Saya sudah perintahkan juga ke BMKG untuk membeli alat-alat early warning system yang bisa memberikan peringatan-peringatan secara dini kepada kita semua sehingga masyarakat bisa waspada," tegas Jokowi saat meninjau dampak kerusakan di sekitar Mutiara Carita Cottage, Pantai Carita, Banten, Senin, 24 Desember 2018.
 
Baca: Jokowi Besuk Korban Tsunami

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tsunami di Selat Sunda menerjang pesisir Banten dan Lampung Selatan pada Sabtu, 22 Desember 2018 malam. BMKG tak memberi peringatan dini sebelum tsunami datang karena tak memiliki alat pendeteksi dini akibat vulkanologi. Sebanyak 281 orang tercatat meninggal dunia, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi.
 
Namun, Jokowi menilai proses evakuasi korban tsunami di Banten berjalan cepat. Aparat keamanan dibantu pemerintah daerah bahu membahu mengevakuasi korban.
 
"Sangat saya hargai, juga cepat apa yang harus dilakukan," tegas dia.
 
Baca: Jokowi Tinjau Penanganan Tsunami di Banten
 
Kepala Negara sebelumnya meninjau posko penanggulangan bencana Kementerian Sosial di Desa Rancateureup. Posko tersebut berjarak kurang lebih 100 meter dari Puskesmas Labuan.
 
Jokowi sempat berbincang dengan para pengungsi dan meninjau layanan dapur umum yang telah disediakan. Setelahnya, Jokowi menemui korban yang sedang dirawat di rumah sakit lapangan yang didirikan Batalyon Kesehatan 1 Marinir Cilandak. Dia juga meninjau lokasi di sekitar Mutiara Carita Cottage.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif