Sejarawan Zainul Milal Bizawie/Istimewa.
Sejarawan Zainul Milal Bizawie/Istimewa.

Pendakwah Diminta Kedepankan Pendekatan yang Merangkul

Nasional ramadan islam Ramadan 2021
Candra Yuri Nuralam • 04 Mei 2021 22:42
Jakarta: Pendakwah atau dai diminta melakukan pendekatan yang merangkul umat dalam memberi materi. Penyebaran Islam yang dilakukan Sunan Giri bisa menjadi referensi.
 
"Dirangkul pelan-pelan, kemudian disisipi nilai-nilai keislaman," ujar sejarawan Zainul Milal Bizawie melalui keterangan tertulis, Kamis, 4 Mei 2021. 
 
Menurut dia, dakwah yang dicontohkan salah satu walisongo itu efektif merangkul masyarakat yang berbeda keyakinan saat itu. Sunan Giri disebut melakukan pendekatan merangkul, bukan memukul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zainul mengatakan tak ada ucapan bernada kekerasan yang diutarakan dalam dakwah Sunan Giri. Malah, tokoh keturunan penguasa Majapahit itu tak menggunakan kekuasaan untuk mengajak masyarakat memeluk agama Islam.
 
Selain itu, Zainul menyebut pendekatan merangkul yang digunakan Sunan Giri meliputi sistem pendidikan berbasis pesantren. Termasuk akulturasi kebudayaan yang disisipi nilai Islam.
 
"Tradisi yang sudah ada sebaiknya dijaga. Tradisi atau budaya bukanlah syirik melainkan terdapat nilai-nilai yang positif termasuk dengan nilai untuk menjaga alam," kata Zainul. 
 
Zainul juga menyitir pernyataan Presiden Pertama Soekarno. Bung Karno mengajak semua pihak mengakulturasi budaya dan agama.
 
"Yang artinya kita harus menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan juga toleransi,” pungkas Zainul.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif