Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

TNI-Polri Pastikan Ajudan Lesmin Waker Tewas

Nasional terorisme polri Papua Teroris kelompok bersenjata di papua
Andhika Prasetyo • 15 Mei 2021 04:34
Jakarta: Tim gabungan TNI-Polri memastikan satu anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen yang tewas merupakan Wandis Enimbo, 29. Wandis merupakan ajudan pribadi komandan Pasukan Pintu Angin Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Lesmin Waker.
 
Kepastian ini didapatkan dari hasil identifikasi jenazah anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen yang tewas setelah terlibat kontak senjata dengan aparat keamanan, Kamis, 13 Mei 2021. Proses identifikasi dilakukan dengan mengambil sidik jari, barang-barang hiasan, dan mencocokkan wajah.
 
Ciri-ciri dan tanda yang melekat pada jenazah, antara lain anting besi di telinga kiri dan kanan, gelang besi ditangan, dan manik-manik kalung plastik. TNI-Polri juga meminta keterangan Kepala Distrik Ilaga Utara Joni Elatotagam dan Kepala Dinas Dukcapil Puncak sekaligus Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari identifikasi dan keterangan saksi, bahwa benar yang bersangkutan adalah ajudan teroris Lesmin Waker," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudusy melalui keterangan resmi, Jumat, 14 Mei 2021.
 
Baca: Anggota KKB Ditembak Mati di Ilaga Komandan Kelompok Lekagak Telenggen
 
TNI-Polri juga menyita barang bukti berupa satu helm militer, dokumen, senjata tajam, panah, dan telepon seluler. Iqbal mengatakan jenazah Wandis telah diserahkan kepada pihak keluarga yang diwakili Kepala Distrik Kago Ilaga dan disaksikan Kepala Distrik Ilaga Utara, Ketua Lembaga Musyawarah Adat Puncak, serta beberapa tokoh masyarakat.
 
Lesmin Waker juga terkena tembakan saat baku tembak dengan aparat. Namun, Lesmin dibawa kabur anggota kelompok lainnya.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif