Petugas SAR gabungan melakukan evakuasi korban tertimbun longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Kantor SAR Bandung)
Petugas SAR gabungan melakukan evakuasi korban tertimbun longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Kantor SAR Bandung)

Korban Meninggal Longsor Sumedang Jadi 28 Orang

Nasional longsor tanah longsor bencana longsor
Fachri Audhia Hafiez • 17 Januari 2021 08:39
Jakarta: Korban tewas akibat longsor di Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, kembali bertambah. Tim SAR gabungan kembali menemukan tiga jenazah.
 
"Total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 28 orang," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati, dalam keterangan tertulis, Minggu, 17 Januari 2021.
 
Baca: Identitas 25 Korban Longsor Sumedang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiga orang yang belum diketahui identitasnya itu ditemukan dalam timbunan longsor pada Minggu dini hari. BNPB mencatat, masih ada 12 orang korban yang dinyatakan hilang.
 
Menurut Jati, pencarian korban terkendala hujan. Longsor susulan juga menjadi tantangan dan diwaspadai tim gabungan.
 
"Diinformasikan Badan Geologi, masih ada retakan di beberapa titik lokasi longsor, sehingga tim gabungan perlu menjaga keselamatan saat melakukan evakuasi," terang dia.
 
Tim gabungan menggunakan empat alat berat dalam proses evakuasi korban selama beberapa hari ke depan. Upaya pencarian dan evakuasi korban terus ditingkatkan.
 
Sementara ini, sebanyak 1.020 jiwa mengungsi terbagi di pos pengungsian Lapangan Taman Burung dan rumah kerabat yang aman dari potensi longsor. Bencana ini ini terjadi dua kali pada Sabtu, 9 Januari 2021, pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pukul 19.00 WIB.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif