Rachel Vennya (Foto: instagram)
Rachel Vennya (Foto: instagram)

Berkaca Kasus Rachel Vennya, Kemenkes: Aturan Karantina Harus Ditegakkan

Nasional wisma atlet jakarta Rachel Vennya karantina Rachel Vennya Kabur
Antara • 17 Oktober 2021 10:55
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta aturan masa karantina ditegakkan. Tujuannya, agar kasus selebgram Rachel Vennya yang kabur dari karantina di RSDC Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, tidak terulang kembali.
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) sudah melakukan evaluasi terkait kasus kaburnya Rachel Vennya dari karantina itu. Kogasgabpad juga sudah melakukan tindakan pengetatan terkait pelaksana karantina baik di sektor kesehatan, sektor keamanan, dan penyelenggara. 
 
"Kita mengimbau aparat keamanan menegakkan aturan sesuai dengan ketentuan dan mengimbau masyarakat untuk patuh dan melakukan tanpa kecuali demi keamanan dan keselamatan kita semua," kata Siti Nadia, Minggu 17 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama ini, pengawasan di tempat karantina sudah begitu ketat. Namun, Rachel Vennya bisa kabur dari tempat karantina sepulang dari Amerika Serikat karena dibantu oknum TNI. "Iya kan ini oknum," kata Siti Nadia.
 
Oknum anggota TNI, FS, yang membantu Rachel Vennya kabur dari karantina itu pun telah dinonaktifkan sejak Kamis, 14 Oktober 2021. FS telah dikembalikan ke kesatuan militernya.
 
Dia terlibat membantu Rachel Vennya lantaran bertugas sebagai pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Siti Nadia mengatakan hanya aparat TNI yang ditugaskan untuk mengawasi masyarakat di tempat karantina.
 
"Karantina di hotel yang dipesan dan hotelnya sudah di-list, tidak semua. Itu seperti hotel karantina setelah itu baru bisa ke tempat tujuan," ujar dia.
 
Baca: Kabur dari Karantina, Rachel Vennya Terancam Penjara Segini Lamanya
 
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Wiku Adisasmito memastikan proses hukum tetap berjalan terkait kasus Rachel Vennya tersebut. Satgas, kata Wiku, menjunjung tinggi penerapan aturan yang berlaku dan menegakkan kedisiplinan untuk keselamatan masyarakat.
 
Polda Metro Jaya akan memanggil selebgram Rachel Vennya pekan depan untuk dimintai klarifikasi terkait kasus tersebut. Surat pemanggilan segera dilayangkan kepada Rachel Vennya pada Senin, 18 Oktober 2021. Rachel diminta memenuhi pemanggilan pada Kamis, 21 Oktober 2021.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif