Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito/Medcom.id/Theo
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito/Medcom.id/Theo

Pemda Diminta Peka Menyikapi Tren Zonasi Covid-19 di Wilayah Kerja

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Satu Tahun Covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 22 Juni 2021 23:40
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah (pemda) peka terhadap zona covid-19 di wilayahnya. Kepekaan diperlukan untuk mengambil keputusan dalam penanganan penularan covid-19.
 
"Pemda harus lebih peka dalam membaca data tren zonasi di wilayahnya," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Wiku menuturkan kebijakan penanganan covid-19 seperti pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro perlu dievaluasi dengan catatan. Misalnya, jika seminggi diberlakukan zonasi tak mengalami perubahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: DKI Klaim Telah Menerapkan Rem Darurat
 
Upaya tersebut, kata Wiku, diharapkan melatih kemampuan daerah untuk menjalankan 'gas-rem' dengan baik. Pemda juga bisa meningkatkan sensitivitas terhadap kondisi kasus covid-19.
 
Wiku mengatakan pemerintah terus memotivasi optimalisasi PPKM mikro dan fungsi posko. Pada prinsipnya seluruh desa/kelurahan wajib menjalankan PPKM Mikro bila di tingkat kabupaten/kota sudah ada instruksi tersebut.
 
PPKM Mikro di kabupaten/kota dengan desa/kelurahan serupa. Hal yang membedakan adalah PPKM kabupaten/kota bertujuan untuk memonitor sektor-sektor besar seperti restoran, pusat perbelanjaan, perkantoran, dan sektor lainnya. Termasuk, memonitor implementasi PPKM Mikro. 
 
"Sedangkan, PPKM Mikro desa/kelurahan berfungsi secara spesifik untuk mengawasi kegiatan di masyarakat yang umumnya sulit untuk dikendalikan," papar Wiku.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif