NEWSTICKER
Petugas medis ilustrasi. ANT/Idhad Zakaria
Petugas medis ilustrasi. ANT/Idhad Zakaria

Cerita Pasien Sembuh Korona Ditangani Tenaga Medis 'Jempolan'

Nasional Virus Korona
Renatha Swasty • 19 Maret 2020 08:24
Jakarta: Tenaga medis yang bekerja menangani pasien terjangkit virus korona (covid-19) tak pernah setengah-setengah menangani pasien. Mereka bekerja 24 jam dan menerapkan aturan.
 
Pasien sembuh nomor kasus 03, Ratri Anindyajati, bercerita dirawat selama 10 hari di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso. Dia ditangani lima sampai enam dokter ahli paru-paru.
 
"Disiplin sekali mereka," cerita Ratri di Editorial Media Indonesia, Metro TV, Jakarta, Kamis, 19 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan setiap dokter dan suster yang memeriksa datang dengan alat pelindung diri (APD) lengkap. Dia tak pernah melihat petugas medis datang memeriksa tanpa 'baju minion' itu.
 
"Misal mereka datang ke kamar A, setelah itu mau ke kamar lain mereka ganti baju dulu. Enggak boleh pakai pakaian yang sama takut virusnya nempel dan keluar," cerita Ratri.
 
Cerita Pasien Sembuh Korona Ditangani Tenaga Medis 'Jempolan'
Tiga pasien sembuh virus korona (Ratri Anindyajati tengah). DOK Humas Kementerian Kesehatan
 
Ratri mengaku dipantau 24 jam. Suster selalu berjaga dan sewaktu-waktu pasien butuh tinggal memencet bel yang disiapkan. Pasien juga dipantau lewat CCTV.
 
Dia mengaku tiap hari dicek suhu tubuh, tensi darah, oksigen dalam tubuh, serta swab tenggorokan dan hidung. Ratri paham kasus ini merupakan hal baru baik di Indonesia maupun dunia. Namun, dia menyebut, dokter selalu memberikan penjelasan lengkap.
 
"Mereka terus mengikuti perkembangan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan dokter-dokter di internasional," beber dia.
 
Ratri mengajak keluarga tenaga medis dan masyarakat mendukung penuh kerja-kerja mereka. Sebab, pandemi ini masih bakal berlangsung.
 
"Supprot (penting) supaya mereka bisa bekerja dengan baik," kata Ratri.
 
Pasien terjangkit korona di Tanah Air terus bertambah. Pasien positif tercatat 277 orang, sembuh 11 orang dan meninggal 19 orang per Rabu, 18 Maret 2020.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif