Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pembocoran Data Penduduk Berpotensi Digunakan untuk Pinjaman Online

Nasional kpu perlindungan data pribadi
Kautsar Widya Prabowo • 26 Mei 2020 01:10
Jakarta: Penyebaran data pemilih tetap (DPT) di media sosial twitter disebut bepotensi disalahgunakan untuk pinjaman online. Data pemilih Pemilu 2014 itu tidak dilengkapi dengan enkripsi.
 
"Nomor KTP dan kartu keluarga (KK), misalnya bisa digunakan untuk mendaftarkan nomor seluler dan juga melakukan pinjaman online bila pelaku mahir melengkapi data," kata Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Reserach Center (CISSRec), Pratama Persadha, dalam keterangan tertulis, Senin, 25 Mei 2020.
 
Selain KTP dan KK, data yang disebar mencakup nama, jenis kelamin, alamat tempat tinggal, usia, hingga status lajang atau menikah. Sebagian besar data pemilih berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia meminta KPU dapat melindungi secara menyeluruh data pemilih, meski data tersebut merupakan data terbuka. Enkripsi data menjadi perlindungan yang paling minimal agar tidak sembarang orang dapat memanfaatkan.
 
"Apalagi verifikasi data DPT hanya perlu data NIK, bukan semua data dijadikan satu, apalagi tanpa pengamanan," kata dia.
 
Baca: KPU Libatkan Sejumlah Pihak Buru Pembocor Data Penduduk
 
Sebelumnya, sebuah akun Twitter spesialis pengawasan dan perlindungan data mengungkap data 2,3 juta penduduk Indonesia bocor di dunia maya. Akun @underthebreach mengungkap seseorang telah membagikan data mentah berisi nama, alamat, nomor induk kependudukan (NIK), dan nomor kartu keluarga (KK) di sebuah forum.
 
"Aktor membocorkan informasi 2,3 juta warga negara Indonesia," tulis akun @underthebreach Kamis, 21 Mei 2020.
 
Data tersebut dibagikan seseorang dari kelompok tertentu di sebuah forum. Data tersebut diduga milik KPU karena kop surat data bertuliskan daftar pemilih tetap untuk Pemilihan Umum 2014.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif