Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Relawan Uji Klinis Berhak Mundur di Tengah Penelitian

Nasional penelitian Riset dan Penelitian
Sri Yanti Nainggolan • 22 Agustus 2020 12:31
Jakarta: Guru Besar Farmakologi Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (UI) Rianto Setiabudy mengungkapkan relawan uji klinis penelitian obat berhak mengundurkan diri di tengah penelitian. Subjek berhak menolak ikut penelitian tanpa takut diperlakukan secara tak menyenangkan.
 
"Kalau tak mau, bilang tak mau. Dijamin tak akan diperlakukan semena-mena atau bila mundur di tengah jalan, boleh," ujar Rianto dalam webinar Indonesian Association for The Study of Medicinals (IASMED), Sabtu, 22 Agustus 2020.
 
Menurut dia, hak pertama subjek yakni memperoleh informasi yang cukup terkait uji klinis yang ditawarkan. Kemudian, subjek rentan berhak mendapat perhatian khusus, misalnya anak-anak, wanita hamil, kesadaran rendah seperti terkena strok, dan kelainan jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Relawan juga berhak bertanya bila ada ketidakjelasan terkait penelitian. Mereka juga bisa melaporkan kepada komisi etik atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) jika mengalami perlakuan tak wajar dalam penelitian.
 
"Ada hak pengobatan gratis kalau ada dampak negatif akibat obat uji klinis, kalau ada kejadian medis," tambah dia.
 
Terkait apakah relawan mendapat uang, Rianto menjelaskan itu tergantung kondisi. Jika relawan tidak mendapat beban tambahan, tidak diberi uang.
 
Baca: Indonesia Targetkan Produksi 300 Juta Vaksin Covid-19
 
"Misalnya dia berobat sebulan sekali, ikut penelitian juga sama. Jadi tak ada biaya ekstra, tak ada hari yang hilang," contoh dia.
 
Namun, jika relawan menyediakan waktu ekstra sehingga jam kerja berkurang, mereka bisa diberikan uang. Namun, uang yang diberikan tak boleh terlalu banyak atau sedikit.
 
"Kalau kurang jadi ekploitasi, kalau lebih jadi godaan (untuk relawan)," kata dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif