Presiden Joko Widodo saat memimpin ratas bersama Menteri Kabinet Kerja membahas rencana pembentukan Badan Siber Nasional di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/9/2016) -- ANT/Yudhi Mahatma
Presiden Joko Widodo saat memimpin ratas bersama Menteri Kabinet Kerja membahas rencana pembentukan Badan Siber Nasional di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/9/2016) -- ANT/Yudhi Mahatma

Pembentukan Badan Baru Disebut Berdampak pada Anggaran Negara

Nasional pemerintah
Achmad Zulfikar Fazli • 09 Januari 2017 16:09
medcom.id, Jakarta: Keputusan pemerintah membentuk sejumlah badan, banyak menuai kritik. Pembetukan itu dinilai harus mendapatkan perhatian serius, karena akan berdampak kepada anggaran pengeluaran negara.
 
Menurut pengamat politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar, pembentukan badan baru juga kontradiktif dengan janji awal Jokowi saat terpilih menjadi Presiden. Saat itu, kata Idil, Jokowi berjanji melakukan perampingan untuk memberdayakan dan mengoptimalisasikan kementerian dan lembaga negara yang sudah ada.
 
"Jelas memang kontradiktif," ujar Idil kepada Metrotvnews.com, Senin (9/1/2017).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, lanjut Idil, saat ini banyak kementerian dan lembaga yang menciptakan kebingungan fungsi karena overlap dan terjadi mis-koordinasi. Negara pun dibebani dengan pengeluaran biaya rutin pegawai akibat dibentuknya lembaga atau badan baru di tengah keadaan ekonomi yang kurang sehat.
 
Idil menyarakankan, Jokowi harusnya mulai membangun kinerja yang lebih nyata dengan berbasis kerja kolektif, ketimbang membentuk badan baru. Ia juga meminta Presiden lebih memperjelas koordinasi antara kementerian dan lembaga.
 
"Hilangkan kesan bahwa membentuk lembaga atau badan baru hanya untuk mengakomodir mereka yang berjasa pada pencalonannya kemarin," kata dia.
 
Sebelumnya, pemerintah membentuk sejumlah badan, di antaranya Badan Restorasi Gambut, Badan Kerukunan Nasional serta Badan Intoleransi Nasional, dan Badan Siber Nasional.
 
(Baca: Pembentukan Badan Baru Dinilai Hanya Membuang Anggaran)
 

(NIN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif