Puskesmas Bidara Cina III. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Puskesmas Bidara Cina III. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

Puskesmas Bidara Cina III 10 Tahun Terabaikan

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Zaenal Arifin • 07 Januari 2020 10:42
Jakarta: Puskesmas Bidara Cina III, Jatinegara, Jakarta Timur, yang terdampak banjir, pernah diusulkan untuk direnovasi bahkan direlokasi ke tempat aman. Namun, usulan itu dimentalkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta.
 
"Sudah lama kita usulkan untuk direnovasi, dari 10 tahun lalu," kata Koordinator Pemeliharaan Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Triyanto, di Puskesmas Bidara Cina III, Senin, 6 Januari 2020.
 
Menurut dia, Dinkes DKI menolak usulan itu dengan alasan akses jalan untuk mengangkut material bangunan dan alat-alat kurang lebar. Triyanto pun terus memperjuangkan agar puskesmas bisa direnovasi atau direlokasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 2018, dia mempertanyakan surat usulan tersebut. Sebab, sekolah yang berdampingan dengan puskesmas dapat direnovasi.
 
"Kita coba kembali bilang, 'Kok ini (sekolah) bisa dibangun empat lantai'," ungkap dia.
 
Triyatno menyebut lokasi Puskesmas Bidara Cina III sudah tidak layak lagi. Lokasi puskesmas kecil dan sering terkena banjir.
 
Kelurahan Bidara Cina memiliki tiga puskesmas, yakni Puskesmas Bidara Cina I, II, dan III. Hanya Puskesmas Bidara Cina III yang selalu terdampak banjir.
 
"Waktu itu kepala Puskesmas yang lama pernah meminta tempat di bekas kantor kelurahan karena puskesmas ini kan berdekatan, kalau bisa dipindahkan ke Otista (Jalan Otto Iskandar Dinata), mungkin lebih mendekati area binaannya," papar dia.
 
Peralatan medis Puskesmas Bidara Cina III rusak 90 persen terimbas banjir. Barang-barang yang terselamatkan hanya pendingin ruangan, jam dinding, dan satu unit komputer.
 
"Termasuk dental unit (kursi pasien gigi) rusak terendam," kata Kepala Puskesmas Kelurahan Bidara Cina III Helmy Sumurung di Jatinegara, Senin, 6 Januari 2020.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif