NEWSTICKER
Lambang KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto
Lambang KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto

Anggaran KPK Bertambah Rp 100 Miliar di 2020

Nasional kpk parpol
Eko Nordiansyah • 23 September 2019 21:50
Jakarta: Badan Anggaran (Banggar) DPR menyetujui anggaran yang diajukan pemerintah untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anggaran untuk lembaga antirasuah itu mengalami kenaikan tahun depan dibandingkan dengan anggaran di 2019.
 
"Anggaran KPK 2020 tetap sesuai dengan yang ditetapkan Menteri Keuangan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 23 September 2019.
 
Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, anggaran KPK ditetapkan sebesar Rp922,6 miliar. Anggaran tersebut mengalami kenaikan sebesar 13,4 persen dibandingkan dengan anggaran tahun ini yaitu Rp813,5 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"(Anggaran Rp922,6 miliar) bukan usulan tapi yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani di RAPBN itu. Sesuai itu, enggak berubah," jelas dia.
 
Pada tahun ini, anggaran KPK diperuntukan bagi belanja pegawai sebesar 60,1 persen, belanja barang sebesar 34,6 persen dan belanja modal 5,3 persen. Sedangkan tahun depan, anggaran KPK digunakan untuk 55 persen belanja pegawai, 29 belanja barang, dan 16 persen belanja modal.
 
Selain itu, KPK akan melanjutkan monitoring implementasi Strategi Nasional Anti Korupsi dengan alokasi anggaran Rp9,1 miliar di tahun depan. KPK juga melaksanakan survei dan penilaian integritas dengan alokasi anggaran Rp5,8 miliar.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif