Pesawat. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Pesawat. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Garuda Antar Sutopo Pulang ke Tanah Air

Nasional obituari
Sonya Michaella • 07 Juli 2019 13:00
Beijing: Maskapai penerbangan Garuda Indonesia telah menyiapkan armada untuk memulangkan jenazah Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dari Guangzhou, Tiongkok. Almarhum akan diterbangkan sore ini.
 
"Kalau semua sudah beres, jenazah almarhum bisa dipulangkan sore ini," kata General Manager Garuda Indonesia Wilayah Guangzhou, Suzana Argentine W, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Pesawat yang membawa jenazah Sutopo rencananya akan bertolak dari Bandara Internasional Baiyun Guangzhou pukul 15.45 waktu setempat. Pesawat akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Banten, pada pukul 20.30 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tiba di Soetta, rencananya jenazah Sutopo segera dibawa ke rumah duka di Raffles Hills. Almarhum akan dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah keesokan harinya.
 
Konsulat Jenderal Indonesia untuk Guangzhou Gustanto mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk secepatnya memulangkan jenazah almarhum. "Koordinasi, pemenuhan administrasi dan dokumentasi dengan semua pihak sudah kami lakukan," kata Gustanto.
 
Baca: Gempa Jakarta Ubah Sikap Sutopo
 
Sutopo meninggal dalam proses perawatan di Guangzhou, pagi ini. Pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), 7 Oktober 1969 itu telah berjuang melawan penyakit kanker paru-paru sejak Januari 2018.
 
Selama ini, penyakit mematikan itu tidak menghentikannya untuk mengabarkan informasi kebencanaan kepada masyarakat. Jelang perawatan di Tiongkok, Sutopo bahkan meminta maaf bila nantinya terlambat dalam menginfokan masalah bencana.
 
"Saya di Guangzhou selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat," ungkap dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif