Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Foto: MI/Rommy
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Foto: MI/Rommy

Pembatasan Medsos Dinilai Menguntungkan Media Mainstream

Nasional Demo Massa Penolak Pemilu
M Sholahadhin Azhar • 24 Mei 2019 07:35
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut pembatasan media sosial (medsos) sangat tepat. Kebijakan ini dinilai berdampak positif bagi media mainstream atau arus utama.
 
"Jangan lupa ini kemenangan media mainstream, setidaknya penguatan media arus utama," ujar Rudiantara di Jakarta, Kamis, 24 Mei 2019.
 
Pembatasan medsos pascakerusuhan agar masyarakat terhindar dari hoaks. Menurutnya, kunjungan masyarakat ke laman media mainstream meningkat akibat kebijakan ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rudiantara mengatakan saat ini masyarakat mulai beralih ke televisi, media online dan koran untuk mencari informasi. Mereka jarang menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram sejak pembatasan.
 
Ia menilai keputusan masyarakat ini merupakan langkah tepat dalam mencari informasi. "Karena media mainstream lakukan kaidah jurnalistik, yaitu lakukan cover both side. Medsos malah tidak. Makanya saya katakan kemenangan media mainstream," ujar Rudiantara.
 
Rudiantara juga mengaitkan pembatasan medsos dengan peningkatan 'gizi' literasi masyarakat, karena mereka rajin membaca informasi di media mainstream. Sebelum pelambatan, mereka cenderung suka yang instan, seperti medium informasi dari gambar atau video. Hal tersebut menyebabkan masyarakat malas membaca.
 
Di sisi lain, sebaran informasi berbentuk gambar dan video amat mudah menyentuh emosi. Artinya, ada dua kekhawatiran dari penyebaran informasi jenis tersebut. Tak jarang, masyarakat salah kaprah saat mencerna informasi dari sumber tersebut.
 
Rudiantara berharap kebijakan ini akan memberi dampak baik ke budaya literasi masyarakat. Masyarakat juga terlihat lebih tenang sejak perlambatan medsos.
 
"Tanya saja sama penerima (masyarakat). Sekarang kita lebih tenang enggak?" beber dia.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif