Studio TV Vokasi UI dan Metro TV Diharap Asah Keterampilan Mahasiswa

Dhaifurrakhman Abas 30 April 2018 20:22 WIB
metro tv Pendidikan Vokasi
Studio TV Vokasi UI dan Metro TV Diharap Asah Keterampilan Mahasiswa
Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis (kiri) dalam Studio TV Vokasi UI. (Foto: Dhaifurrakhman Abas).
Jakarta: Media Group menghibahkan peralatan studio pertelevisian untuk program studi Vokasi Universitas Indonesia (UI). Studio bernama Studio TV Vokasi UI dan Metro TV ini didirikan untuk membuat mahasiswa terampil dan berkompeten di dunia pertelevisian.

Studio yang bertempat di lantai 5 gedung Vokasi ini didirikan atas dasar persamaan visi dan misi antara UI dam Media Group dalam membentuk mahasiswa agar terampil dan berkompeten. Utamanya ketika mereka lulus dan harus berhadapan dengan dunia kerja.

"Kami bersama tim teknis Metro TV telah selesai membangun sebuah studio tv di Vokasi UI," kata Deputy Chairman Media Group dan juga President Commissioner Metro TV Rerie L Moerdijat kepada Medcom.id di Vokasi UI, Depok, Jawa Barat, Senin, 30 April 2018. 


Baca juga: Studio TV Vokasi UI dan Metro TV Diresmikan

Pembangunan studio tv ini diawali dengan diskusi para civitas akademika UI dan Media Group untuk mewujudkan laboratorium praktik mahasiswa Vokasi di bidang pertelevisian. Pasalnya Vokasi UI punya program pendidikan dengan teori dengan praktik yang mumpuni.

"Civitas akademika (UI) meminta bantuan Media Group. Dan melalui jajaran Metro TV, kami melihat bahwa ini bisa dilakukan beberapa kegiatan yang sifatnya membantu dalam bentuk studio tv," beber dia.

Rerie mengakui, Media Group mengibahkan Rp2 miliar untuk membangun studio tv di prodi Vokasi UI. Tim Teknis Media Group melengkapi studio tv tersebut dengan teknologi termutakhir. Seperti Master Control Room (MCR), lighting, kamera, LCD, audio, dan lainnya. 

"Dana sekitar Rp2 miliar untuk seluruh nilai barang yang dihibahkan. Gedung dan sebagainya yang menyiapkan UI, kita siapkan instalasi barang-barang, pelatihan, hingga jadi seperti ini," ungkap dia.

Baca juga: Media Group Wujudkan Mimpi UI yang Tertunda 20 Tahun

Media Group berharap, peresmian Studio TV Vokasi dan Metro TV ini bisa memberikan manfaat terhadap seluruh civitas akademika UI. Utamanya memberikan kesempatan pendidikan paripurna kepada seluruh mahasiswa.

"Sehingga ketika lulus mereka siap untuk langsung bekerja dan diserap untuk berkarir di dunia industri," tukas dia.



(HUS)