Yusril Ajak Semua Pihak Tenang Menyikapi Serangan di Surabaya

Muhammad Al Hasan 13 Mei 2018 16:22 WIB
Teror Bom di Surabaya
Yusril Ajak Semua Pihak Tenang Menyikapi Serangan di Surabaya
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengimbau semua pihak tenang dalam menyikapi serangan bom di sejumlah gereja di Surabaya. Ia meminta masyarakat tidak terpancing umpan amarah yang dilempar para pelaku teror.

"Terhadap semua masalah, kita harus mengedepankan dialog dan musyawarah untuk menyelesaikan masalah. Bukan dengan melakukan kekerasan, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa," kata Yusril dalam keterangan persnya, Minggu, 13 Mei 2018.

Ia mengimbau semua pihak untuk menahan diri dalam membuat berbagai statement. Terlebih, sikap yang berpotensi menyudutkan kelompok-kelompok agama tertentu yang justru menambah keadaan semakin keruh.


Yusril mengingatkan bahwa Indonesia merupakan negara Pancasila. Karena itu, Yusril mengajak, seluruh pendukung PBB dan umat beragama di tanah air untuk menjauhi kekerasan dan mengedepankan cara-cara damai dalam menyikapi masalah teroris.

"Ajaran Islam itu sejalan dengan nilai-nilai dasar negara Pancasila yang menghomati kemajemukan agama”, kata Yusril.

Yusril menegaskan PBB mengecam aksi teror itu. Apalagi aksi dilakukan di banyak tempat dan menargetkan masyarakat yang tengah melaksanakan ibadah. 

"Kita semua belasungkawa setiap kali ada korban jiwa akibat terorisme. Lebih-lebih jika hal itu dilakukan pada rumah ibadah dan kepada pemeluk agama yang sedang menjalankan ibadah agamanya," tandas dia. 

Terkait pelaku yang terlibat, Yusril meminta masyarakat memberikan kesempatan pada para penegak hukum menancapkan taringnya. "Kekerasan harus dijawab dengan penegakan hukum yang adil, bukan dengan tindak kekerasan pula," Pungkas Yusril.
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id