Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

837 Relawan Vaksin Covid-19 Masuk Tahapan Pemantauan Efikasi

Nasional Virus Korona Bio Farma vaksin covid-19
Antara • 27 Oktober 2020 09:29
Jakarta: PT Bio Farma (Persero) mengungkapkan 837 relawan uji klinis III vaksin covid-19 dari Sinovac, Tiongkok, memasuki periode pemantauan efikasi, per Jumat, 23 Oktober 2020. Kemampuan vaksinmemberikan manfaat bagi individu yang diimunisasi akan dilihat.
 
"Saat ini, uji klinis III vaksin covid-19 masih berjalan sesuai rencana," kata Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan di Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020.
 
Menurut dia, 1.620 relawan sudah mendapatkan suntikan pertama, sedangkan 1.341 relawan menerima suntikan kedua. Selain itu, Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) sudah menginspeksi dua pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) tempat uji klinis vaksin covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Besaran Investasi saat Uji Klinis Jadi Komponen Harga Vaksin Covid-19
 
Presiden Joko Widodo sempat menekankan vaksin covid-19 yang akan disuntikkan kepada masyarakat harus melalui uji klinis untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya. Jokowi tidak ingin ada sedikit pun masalah yang berdampak kepada penerima vaksin.
 
Kepala Negara meminta jajarannya tidak tergesa-gesa dalam pengadaan vaksin covid-19. Semua prosedur ilmiah soal vaksin dan vaksinasi harus dilalui secara tepat, tanpa ada yang terlewat.
 
Harga vaksin, kata Jokowi, juga harus terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, jumlah penduduk Indonesia lebih dari 260 juta orang dan tersebar dari Sabang sampai Merauke.
 
"Dikalkulasi dan dihitung dengan cermat, disiapkan aturannya sejak sekarang," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 26 Oktober 2020.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif