Ilustrasi angin kencang - Medcom.id
Ilustrasi angin kencang - Medcom.id

Warga Diminta Mewaspadai Potensi Cuaca Buruk saat Arus Balik

Nasional cuaca ekstrem prakiraan cuaca
Nur Azizah • 07 Juni 2019 11:20
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi cuaca buruk. Deputi Bidang Meteorologi BMKG R. Mulyono Prabowo mengatakan, potensi cuaca buruk terjadi pada periode arus balik Lebaran 2019.
 
Berdasarkan pantauan kondisi atmosfer BMKG, terdapat indikasi fase basah dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO). Atmosfer MJO ini dapat disertai dengan pelambatan angin, pembentukan pusaran dan belokan angin.
 
"Potensi ini akan terjadi di Aceh, Sumut, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulteng, Sulbar, Malut, Maluku, Papua Barat dan Papua yang dapat berdampak pada peningkatan kondisi cuaca signifikan di beberapa wilayah di Indonesia," kata Mulyono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 7 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara pada periode 7 Juni hingga 10 Juni 2019 diperkirakan akan terjadi hujan lebat. Kondisi ini dapat terjadi beberapa wilayah, seperti Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.
 
Hal serupa juga diprediksi terjadi di Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Utara, Timur, dan Barat. Sulawesi Selatan, Tenggara, Barat, Tengah, Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga akan terjadi hal serupa.
 
Diperkirakan juga ada potensi angin kencang di beberapa wilayah seperti Banten, Jawa Barat, Tengah, Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sulawesi Selatan, Tenggara, Kalimantan Barat, Tengah, Selatan, Maluku, dan Papua juga diramalkan akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif