NEWSTICKER
Staf Khusus Milenial Presiden, Adamas Belva Syah Devara. Medcom.id/Ade Hapsari
Staf Khusus Milenial Presiden, Adamas Belva Syah Devara. Medcom.id/Ade Hapsari

Milenial Harus Jadi Penyaring Hoaks Wabah Korona

Nasional Virus Korona hoax virus corona
Fachri Audhia Hafiez • 23 Maret 2020 12:07
Jakarta: Staf Khusus Milenial Presiden, Adamas Belva Syah Devara, mengajak generasi milenial tak hanya berperan sebagai agen pencegah penyebaran virus korona (covid-19). Generasi milenial juga harus melawan informasi hoaks seputar penyakit ini yang bertebaran di media sosial.
 
"Jaga informasi, pastikan sumbernya sahih. Jalankan fungsi edukasi Anda," kata Belva saat memaparkan telekonferensi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Matraman, Jakarta Timur, Senin, 23 Maret 2020.
 
Generasi milenial juga harus mampu berpikir kritis atas informasi yang diterimanya. Mereka harus mengecek keabsahan informasi yang diterima lewat metode triangulasi atau mengumpulkan data dari berbagai sumber.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita cek di berbagai laman. Kalau semua sama, ini adalah dari sumber yang terpercaya, berarti tidak hoaks," ujar dia.
 
Tak hanya menjadi penyaring hoaks, generasi muda harus menjadi penyebar informasi benar. Informasi tak benar harus segera diputus penyebarannya.
 
Kelompok milenial harus menyebarkan informasi bermanfaat dan menebarkan semangat. Kaum ini bisa juga menginisiasi atau melakukan hal kecil yang dapat bermanfaat untuk mencegah korona.
 
"Lebih baik menjadi lilin kecil, ketimbang mengutuk kegelapan," kata Belva.
 
Baca: Generasi Milenial Jangan Ngeyel Diajak Jaga Jarak
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengidentifikasi 267 hoaks berkaitan dengan virus korona (Covid-19) per Kamis, 19 Maret 2020. Ratusan informasi bohong tersebut beredar di dunia maya dan pesan cepat.
 
Terbaru, beredar hoaks di media sosial WhatsApp terkait larangan keluar rumah mengendarai sepeda motor dan berjalan kaki. Dalam pesan berantai, larangan tersebut dikeluarkan Kominfo karena ada penyemprotan disinfektan dari udara di Jakarta.
 
Baca: Kominfo: Beredar 267 Hoaks Seputar Virus Korona
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif