Ketua KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Ketua KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Penumpang Pesawat Asal Negara Terjangkit Korona Dipelototi

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 04 Februari 2020 17:01
Jakarta: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten mengawasi ketat kedatangan penumpang . Ini untuk mencegah menyebarnya Novel Coronavirus (2019-nCoV) atau virus korona di Tanah Air.
 
"Tugas kami mengawasi pelaku perjalanan yang datang dari negara yang ada kasus virus korona," kata Ketua KKP Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf dalam acara 'Sosialisasi Kesiapsiagaan Rumah Sakit BUMN Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV)' di Gedung Graha Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Februari 2020.
 
Anas mengungkap untuk mendukung hal itu pihaknya menambah tenaga medis khususnya di Terminal 3 dan 2F. Petuga yang ditambah berasal dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penumpang Pesawat Asal Negara Terjangkit Korona Dipelototi
Petugas memantau suhu tubuh penumpang menggunakan alat pemindai suhu tubuh. Foto: ANT/Fikri Yusuf
 
KKP Bandara Soekarno-Hatta juga menambah sejumlah peralatan, seperti kapsul evakuasi dan alat pemindai suhu. "Jadi petugas kita melakukan pemindai suhu orang per orang. Kemudian orang itu melewati thermal scanner. Artinya apa? Paling tidak itu dua kali pemindai suhu," beber Anas.
 
WHO menetapkan wabah virus korona menjadi darurat kesehatan global. Jumlah kematian melonjak menjadi 425 orang dan menginfeksi 19.550 orang per Selasa, 4 Februari 2020.
 
Infeksi virus korona bermunculan di sedikitnya 25 negara. Sejumlah negara beramai-ramai mengevakuasi warga termasuk Indonesia.
Sebanyak 238 WNI dievakuasi dan sedang menjalani masa observasi selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif