Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Menkominfo Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

TV Diminta Hentikan Sementara Produksi Program Berskala Besar

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 07 April 2020 18:27
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta industri pertelevisian menghentikan sementara produksi program yang melibatkan banyak orang selama wabah virus korona (covid-19) berlangsung. Pihak yang terlibat di dalam produksi berskala besar itu dikhawatirkan tertular virus berbahaya itu.
 
"Program-program baru yang nanti akan melibatkan pengumpulan artis-artis atau tim teknis di lapangan yang bisa berbahaya atau mungkin terjadi penyebaran virus di antara pegawai industri pertelevisian," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate saat rapat kerja (raker) bersama Komisi I melalui telekonferensi di Jakarta, Selasa, 7 April 2020.
 
Politikus Partai NasDem itu mengusulkan industri pertelevisian menggunakan program yang lama (reuse program). Langkah ini dianggap lebih aman untuk mengisi program-program yang ditayangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam pertemuan kami dengan forum penyiaran kami juga menyampaikan yang sama termasuk meminta penggunaan reuse program yang ada," ungkap dia.
 
Menurut dia, anjuran serupa juga sudah disampaikan kementerian/lembaga. Komisi Penyiaran Indonesia dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyuarakan sikap serupa.
 
Baca: Menkominfo Imbau Media Tak Hanya Beritakan Korona
 
"Dalam waktu darurat ini sedapat mungkin agar dapat menggunakan reuse program. Jadi program yang sudah dibuat dulu digunakan kembali untuk mengisi waktu ini," ujar Johnny.
 
Dalam mencegah korona, pemerintah mengampanyekan physical distancing sebagai salah satu protokol pencegahan penyebaran virus korona. Berbagai aktivitas mengundang keramaian ditiadakan dengan bekerja, beribadah, dan belajar dari rumah.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif