Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Perubahan Perilaku Masyarakat Penting Menekan Penyebaran Covid-19

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 19 Mei 2020 14:31
Jakarta: Perubahan perilaku masyarakat dinilai penting untuk menekan penyebaran virus korona (covid-19). Perubahan tersebut perlu didukung sistem komunikasi yang jelas.
 
"Perubahan perilaku penting untuk menekan penyebaran virus korona dan perlu penguatan informasi," kata Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kirana Pritasari, dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Kemenkes, kata Kirana, menghadirkan sistem komunikasi perubahan perilaku (KKP) melalui layanan interactive voice response (IVR) 3-2-1. Layanan itu merupakan kerja sama Kemenkes dengan PT XL Axiata Tbk dan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kirana mengakui tidak mudah mengubah perilaku masyarakat di tengah pandemi virus korona. Namun, partisipasi masyarakat penting untuk mencegah penyebaran virus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, Tiongkok, tersebut.
 
Kirana berharap layanan itu membantu masyarakat mengetahui seputar korona dan langkah pencegahan. "Semoga strategi ini jadi panduan bagi tim komunikasi pusat dan daerah untuk mendorong peran masyarakat," ujarnya.
 
Baca: Banyak Langgar PSBB, Kasus Korona di Jakarta Naik Lagi
 
Sementara itu, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Dian Siswarini menjelaskan seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses layanan tersebut. Masyarakat cukup melakukan panggilan ke nomor 321 dan mengikuti arahan operator.
 
"Semua pelanggan dengan jenis telepon seluler bisa memperoleh informasi ini," ucap Dian.
 
Dian berharap layanan ini bisa menjangkau seluruh masyarakat. Dia menyebut masyarakat yang tidak memiliki akses internet juga berhak mendapat informasi ihwal korona.
 
"Semoga ke depan layanan ini dimanfaatkan masyarakat terpencil," ucap dia.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif