Alat berat dioperasikan di pertambangan PT Bukit Asam Tbk. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Alat berat dioperasikan di pertambangan PT Bukit Asam Tbk. Foto: Antara/Nova Wahyudi

Jokowi Beri Kelonggaran kepada Kawasan Pertambangan

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 04 Juni 2020 17:13
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kelonggaran operasional untuk kawasan pertambangan dan perindustrian. Kawasan perkebunan dan beberapa bidang lain yang memiliki risiko kecil penularanvirus korona (covid-19) juga mendapatkan izin beroperasi.
 
"Jadi, ini menjadi pertimbangan kami untuk sesegera mungkin melakukan koordinasi dan lembaga terkait," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 4 Juni 2020.
 
Jenderal bintang tiga itu mengatakan setelah ada data-data dari kementerian/lembaga, bidang apa saja yang akan diberikan kelonggaran akan diumumkan. Namun, Doni menegaskan semua pihak tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masalah protokol kesehatan harga mati. Jadi dalam berbagai kegiatan, Bapak Presiden selalu menekankan kita belum akan menemukan vaksin dan kita juga belum akan tahu kapan akan berakhirnya covid ini," ungkap dia.
 
Kepala BNPB itu meminta daerah-daerah yang telah diberikan kelonggaran tetap mematuhi protokol kesehatan. Tokoh-tokoh nonformal di daerah diharap didekati dalam menjalankan kebijakan pencegahan virus korona ini.
 
"Sehingga ketika kepala daerah atau pihak-pihak tertentu mengumumkan tentang melakukan kegiatan kelonggaran maka masyarakat sudah masyarakat sudah memahaminya sudah mengerti dan juga akhirnya mematuhinya," jelas Kepala BNPB itu.
 
Dona menyampaikan ada 102 kabupaten/kota yang diizinkan melaksanakan kegiatan produktif dan aman covid-19 berdasarkan protokol kesehatan. Sebanyak 102 kabupaten/kota ini berada di Aceh (14 kabupaten), Sumatra Utara (15 kabupaten) dan Kepulauan Riau (tiga kabupaten).
 
Jokowi Beri Kelonggaran kepada Kawasan Pertambangan
 
Baca: Arti Warna pada Zona Pandemi Covid-19
 
Di Riau, dua kabupaten diberi kelonggaran, Jambi dan Bengkulu masing-masing satu kabupaten, dan Sumatra Selatan empat kabupaten. Kelonggaran diberikan kepada dua kabupaten di Lampung, 17 kabupaten di Papua, serta Maluku dan Papua Barat masing-masing lima kabupaten.
 
Satu kabupaten di Sulawesi Selatan mendapat kelonggaran, Sulawesi Tenggara lima kabupaten, Sulawesi Tengah tiga kabupaten, serta Sulawesi Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah dan Gorontalo masing-masing satu kabupaten. Di Bangka Belitung satu kabupaten mendapat kelonggaran dan Nusa Tenggara Timur 14 kabupaten.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif