Foto Istimewa.
Foto Istimewa.

Jokowi Minta Ada Inovasi di Perdesaan

Nasional presiden jokowi
Intan Yunelia • 23 Desember 2018 09:36
Makassar: Presiden Joko Widodo meminta kepada kepala desa tak hanya melakukan pendampingan terhadap dana desa. Dia berharap kepala desa berinovasi dengan dana desa tersebut, misalnya memberdayakan ekonomi masyarakat desa untuk investasi pembangunan.
 
"Contoh sebuah desa di Jawa Tengah, namanya Desa Ponggok, di situ ada umbul (mata air), dibuat tempat wisata. Setahun bisa dapat income berapa? Rp14 miliar," kata Jokowi saat memberikan arahan pada acara Evaluasi Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahun 2018, Makassar, Sulewasi Selatan, Sabtu, 22 Desember 2018.
 
Ia mendorong desa-desa di Indonesia untuk mulai melirik pada potensi kebutuhan industri. Sebab, desa dalam hal ini berperan sebagai penghasil bahan baku yang dibutuhkan para industri di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tadi Pak Gubernur (Nurdin Abdullah) menyampaikan, bukan hanya Sulawesi Selatan, di Indonesia sekarang ini kekurangan yang namanya cokelat," ujarnya.
 
(Baca: Jokowi akan Meresmikan Patung Yesus di Toraja)
 
"Pabriknya banyak, yang menanam cokelat tidak banyak sehingga cokelat kita impor dari luar, kan enggak benar seperti ini. Kita bisa menanam cokelat kok harus impor, untuk apa?" timpal dia.
 
Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, desa-desa ini lah yang harus mencari kebutuhan industri. Sehingga dana desa bisa bertumbuh dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa itu sendiri.
 
"Kita harus mengerti betul sehingga arah dana desa ini menjadi jelas, produktif, dan bisa mendatangkan hasil bagi masyarakat di desa," pungkasnya.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif