Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Wapres Minta Santunan Duka Gempa Sulteng Segera Dibayar

Nasional tsunami Gempa Donggala
Dheri Agriesta • 18 Maret 2019 18:36
Jakarta: Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyebut dana santunan duka terhadap korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala segera dibayarkan. Pembayaran itu atas perintah Wakil Presiden Jusuf Kalla.
 
"Perintah Pak Wapres minggu ini paling lama, Jumat harus telah selesai, harus segera dibayarkan," kata Longki usai rapat di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin, 18 Maret 2019.
 
Longki menyebut terdapat lebih dari 4.000 penerima santunan duka gempa dan tsunami. Dari total itu, sebanyak 1.906 penerima telah berhasil diverifikasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia berharap santunan duka terhadap 1.906 penerima itu bisa dibayarkan dalam waktu dekat. Dana santunan akan disalurkan melalui Departemen Sosial.
 
(Baca juga:Upaya Penghapusan Utang Debitur Korban Bencana Berlanjut)
 
"Satunya ada Rp15 juta, (dibayarkan) per satu ahli waris," kata Longki.
 
Longki mengaku tak ada kendala dalam pendataan dana santunan. Namun, proses verifikasi yang berlapis sedikit membutuhkan waktu. Ia mengaku ditegur Wapres karena banyaknya proses verifikasi data yang perlu dilewati.
 
Longki menyebut verifikasi dilakukan agar data penerima lebih akurat. "Jadi sambil menunggu hasil verifikasi yang lebih sempurna, bayar dulu yang sudah ada," pungkas Longki.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin rapat terbatas membahas penanganan gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Dalam rapat itu hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, dan Gubernur Sulteng Longki Djanggola.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif