ilustrasi--MI/Susanto
ilustrasi--MI/Susanto

Waspadai Dampak Fenomena Supermoon

Nasional fenomena alam
Media Indonesia • 21 Januari 2019 10:04
Jakarta: Peristiwa supermoon saat bulan menempati titik terdekat dengan dengan bumi pada 21-22 Januari 2019 berpotensi menyebabkan air laut pasang (rob), khususnya di bagian utara Jawa. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat pesisir utara Jakarta hingga pesisir utara Jawa timur waspada.
 
Data yang dirilis BMKG terdapat tujuh daerah yang berstatus waspada, di antaranya, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, pesisir Cilacap, pesisir Tanjung Benoa, pesisir Kalimantan Barat, dan pesisir Makassar.

Staf Subbid Analisis dan Informasi Meteorologi dan Maritim BMKG Ryan Putra menjelaskan, supermoon dapat terjadi hingga 3 kali dalam setahun. Supermoon pada bulan ini tidak bisa dilihat secara langsung dari Indonesia. Meski begitu, dampaknya terhadap pasang surut air laut cukup tinggi sebab fenomena tersebut terjadi di sela-sela purnama bulan.
 
"Selain supermoon terjadi di sela-sela purnama bulan, jarak antara bumi dan bulan sekitar 357,715 km volume air laut akan semakin naik" tutur Ryan. (*/H-3)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi