Media Group Wujudkan Mimpi UI yang Tertunda 20 Tahun

Dhaifurrakhman Abas 30 April 2018 17:40 WIB
metro tv
Media Group Wujudkan Mimpi UI yang Tertunda 20 Tahun
Metro TV dan UI meresmikan Studio TV Vokasi UI. (Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas).
Jakarta: Media Group resmi mendirikan studio tv di gedung program studi Vokasi Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Tak ayal, peresmian studio tv ini mendapat sambutan baik dari civitas akademika UI.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, studio tv tersebut merupakan hadiah terbaik dari Media Group untuk civitas akademika, khususnya bidang komunikasi. Sebab, pihak kampus sudah berangan-angan mendirikan studio tv sejak 20 tahun lalu.

"Kami ucapkan selamat dan terima kasih kepada Media Group dan Program Pendidikan Vokasi yang dipimpin Profesor Sigit Pranowo. Luar biasa, ini merupakan hadiah yang diimpikan sudah selama 20 tahun," kata Anis dalam sambutanya pada peresmian Studio TV Vokasi UI, Depok, Jawa Barat, Senin, 30 April 2018.


Baca juga: Studio TV Vokasi UI dan Metro TV Diresmikan

Direktur Program Vokasi UI, Sigit Pranowo menambahkan, mimpi memiliki studio tv yang tak pernah terwujud itu lantaran keterbatasan biaya. Pihaknya hanya mampu menyediakan wadah berupa bangunan dan ruangan. 

"Membangun sebuah studio tv membutuhkan biaya yang cukup besar. Sedangkan kami, Vokasi UI, hanya dapat menyediakan ruang dalam bangunan dan lantai," tutur dia.

Hambatan tersebut bukan tanpa alasan. Selama ini, kata Sigit, Program Studi Komunikasi sedang bekerja keras membangun 44 laboratorium untuk menunjang pendidikan di Vokasi. Dengan diresmikannya studio tv ini, Media Group membantu melengkapi satu dari 44 laboratorium yang ada di program studi Vokasi. 

"Saya sampaikan bahwa Prodi Komunikasi yang telah bekerja keras mewujudkan laboratorium televisi yang merupakan bagian dari dari 44 laboratorium yang dibangun di program pendidikan Vokasi UI," terangnya.


(Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis (kiri) dalam Studio TV Vokasi UI. Foto: Dhaifurrakhman Abas).

Sigit menuturkan harapan besar kepada Media Group untuk terus melanjutkan ikatan kerja sama dengan UI dalam membangun bangsa. Tidak hanya soal pemberian hibah materiel, namun juga berupa sumbangan ilmu pengetahuan.

"Kami juga membutuhkan pengetahuan dan pengalaman praktis dari para profesional pertelevisian yang dapat diwariskan kepada generasi penerus melalui kegiatan seperti dosen tamu atau instruktur praktik di vokasi UI," tutur dia.

Baca juga: Rektor UI Apresiasi Studio TV Vokasi UI dari Hibah Metro TV

Menurut dia, kerja sama itu sangat diperlukan. Sebab, industri merupakan pihak yang paling mengetahui kebutuhan keterampilan para pekerja. 

Sehingga apabila kerja sama itu terwujud, maka akan menaikkan taraf hidup masyarakat luas. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapan menurunkan angka pengangguran yang berstatus sarjana.

"Pelatihan di industri alangkah baiknya bila diselaraskan dan diselenggarakan di perguruan tinggi. Agar biaya yang dikeluarkan oleh industri dapat untuk membantu perguruan tinggi dalam memenuhi tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan," tandas dia.



(HUS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360