Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (kiri) menerima penghargaan dari Presiden PKPU Human Initiative Agung Notowiguno. Foto: MI/Pius Erlangga.
Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho (kiri) menerima penghargaan dari Presiden PKPU Human Initiative Agung Notowiguno. Foto: MI/Pius Erlangga.

Sutopo Sabet 17 Penghargaan dalam 2 Tahun

Nasional obituari
Fachri Audhia Hafiez • 07 Juli 2019 17:38
Jakarta: Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho semasa kariernya meraih sejumlah penghargaan. Pada 2018 hingga 2019 saja, dia menyabet 17 penghargaan
 
"Dedikasi Sutopo sebagai aparatur sipil negara yang berprestasi telah dibuktikan dengan beberapa penghargaan, baik untuk individu maupun untuk unit kerja yang dipimpinnya. Meski hampir semua penghargaan itu atas nama pribadinya, namun bagi Sutopo semua penghargaan itu ia didedikasikan untuk BNPB," kata Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Rita mengatakan almarhumah dalam menjalankan tugas selalu tampil dengan penuh totalitas dalam memberikan informasi kebencanaan. Dia mencontohkan ketika Indonesia dilanda bencana bertubi-tubi pada 2018, yakni gempa beruntun di Nusa Tenggara Barat (NTB), gempa disusul tsunami dan likuefaksi di Sulawesi Tengah, dan tsunami senyap di Selat Sunda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bencana tersebut menimbulkan banyak jatuh korban jiwa dan dampak kerugian mencapai puluhan triliun rupiah. Pada saat yang bersamaan sesungguhnya, pada tahun 2018 Sutopo juga sedang berjuang untuk tetap hidup di tengah sakit kanker paru-paru yang menggerogoti tubuhnya," ujar Rita.
 
Menurut dia, almarhum selalu memberikan pernyataan resmi dan menjelaskan kejadian serta penanganan bencana yang ditunggu media. Info soal bencana secara komprehensif, di mana pun, dan kapan pun akan disampaikan Sutopo.
 
"Media dan masyarakat selalu menunggu penjelasan Sutopo setiap saat terjadi bencana. Banyak media dan masyarakat yang membutuhkan informasi secepat mungkin," ujar Rita.
 
Baca: Sutopo Murah Senyum di Mata Tetangga
 
Berikut beberapa penghargaan yang dicapai almarhum Sutopo pada 2018 dan 2019:
 
2018
1. The First Responder Asia, dari The Straith Times, Singapura
2. The Most Inspirational Aparat Sipil Negara (ASN), dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB)
3. Communicator of the Year 2018, dari Kementerian Komunikasi dan Informasi
4. Pegawai Sipil Negara (PNS) Inspiratif Terfavorit 2018, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB)
5. Outstanding Spokeperson of the Year 2018, dari dari Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC)
6. Pejabat Tinggi Pratama Teladan, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB)
7. Tokoh Komunikasi Kemanusiaan, dari Kementerian Komunikasi dan Informasi
8. Human Initiative Award 2018, dari Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU)
9. Tokoh Teladan Anti Hoax, dari Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo)
10. Humas Pemerintah Terbaik, dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas Indonesia)
11. Inspirator Terbaik Penyintas Kanker Paru, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)
12. IAGI Award 2018, dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)
13. PNS Inspiratif 2018, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).
 
2019
1. Obsesion Award 2019 Kategori Best Bureaucrats, dari Obsession Media Group (OMG)
2. Tokoh Perubahan Republika 2018, dari Republika
3. Public Relation Berkinerja Cemerlang, dari Majalah PR Indonesia
4. Liputan6 Awards 2019 Kategori Pengabdian Masyarakat, dari SCTV
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif