PT Astra International Tbk menggelar Festival Kampung Berseri Astra (KBA) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Foto: Husen Miftahudin/Medcom.id
PT Astra International Tbk menggelar Festival Kampung Berseri Astra (KBA) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Foto: Husen Miftahudin/Medcom.id

Kampung Berseri Genjot Kepulauan Seribu Jadi Destinasi Pariwisata Dunia

Nasional pariwisata
Husen Miftahudin • 29 Juni 2019 17:50
Jakarta: PT Astra International Tbk menggelar Festival Kampung Berseri Astra (KBA) di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Kegiatan ini merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan yang dilakukan Astra dengan konsep lingkungan hidup.
 
Deputi Chief of Corporate Affair Astra, Riza Deliansyah mengatakan kegiatan kontribusi sosial ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan perusahaan. Sebelumnya, Astra menyelenggarakan kegiatan serupa di Sumatera Barat dengan mengangkat tema utama bidang pendidikan pada Mei 2019.
 
"Hari ini kita berkumpul semua bareng adik-adik dan para guru yang berasal dari 19 provinsi dengan mengambil tema lingkungan hidup. Bulan Mei yang lalu diselenggarakan di Sumatera Barat, nanti bulan Juli akan diadakan acara yang sama dengan tema kewirausahaan di Kota Malang," ujar Riza dalam kata sambutannya di Festival KBA, Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Sabtu, 29 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kegiatan ini, sambung dia, Festival KBA mengajak seluruh pihak untuk peduli terhadap lingkungannya. Langkah tersebut dimulai dari diri sendiri dengan tidak menggunakan plastik secara berlebihan.
 
"Tujuannya untuk mengurangi sampah yang kita hasilkan dari kegiatan kita. Kami ingin mengajak kepada kita semua, apa yang dilakukan oleh saudara-saudara kita dengan Gerakan Nol Sampah bisa kita ikuti, sehingga nantinya kita harapkan seluruh Indonesia bisa menjadi lebih bersih dibandingkan hari-hari sebelumnya," tutur dia.
 
Kampung Berseri Genjot Kepulauan Seribu Jadi Destinasi Pariwisata Dunia
Kampung berseri Astra di Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto: Husen Miftahudin/Medcom.id
 
Di tempat yang sama, Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad berterima kasih atas kontribusi sosial yang dilakukan Astra di Pulau Pramuka. Festival KBA sejalan dengan gerakan yang dibangun Pemkab Kepulauan Seribu dalam meminimalisasi penggunaan sampah plastik di daerah tersebut.
 
"Kami sangat menyambut baik, mudah-mudahan mimpi kita dimana Kepulauan Seribu yang sudah ditetapkan sebagai kawasan strategis wisata nasional oleh pemerintah pusat bisa menjadikan Kepulauan Seribu menjadi tujuan wisata. Sehingga akhirnya bisa menjadi kebanggaan, tidak hanya warga DKI, tapi juga menjadi kebanggaan rakyat Indonesia, bahkan dunia," harapnya.
 
Untuk menjadikan destinasi prioritas pariwisata, Kepulauan Seribu perlu berbenah terhadap kondisi lingkungan. Sampah plastik yang acap mengotori wilayah tersebut harus menjadi concern utama semua pihak untuk mewujudkan Kepulauan Seribu menjadi destinasi utama wisata berkelas dunia.
 
"Kepulauan Seribu akan menjadi tujuan wisata, tetapi kita harus concern terhadap pelestarian lingkungannya. Dengan demikian, upaya tersebut diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat Kepulauan Seribu," ucap Husein.
 
Kampung Berseri Genjot Kepulauan Seribu Jadi Destinasi Pariwisata Dunia
Suasana pelaksanaanFestival Kampung Berseri Astra (KBA) di Kepulauan Seribu, Jakarta. Foto: Husen Miftahudin/Medcom.id
 
Husein menegaskan masyarakat Kepulauan Seribu harus menjadi aktor utama dalam setiap aktivitas dan gerakan dalam mewujudkan daerah tersebut sebagai destinasi priotas nasional. Harapannya, seluruh potensi yang terpendam dapat terangkat, walhasil bisa memajukan seluruh sektor yang ada demi kemajuan bersama.
 
"Kami harapkan kegiatan ini bisa menjadi sebuah kegiatan secara berkesinambungan. Tahun depan, mudah-mudahan ada kegiatan terencana sehingga tiap tahunnya banyak wisatawan yang datang ke sini sehingga bisa meningkatakn kesejahteraan masyarakat Kepualauan Seribu," pungkas dia.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif