Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Wastuti (tengah) dalam peresmian acara Festival Kampung Berseri Astra (KBA) di Kepulauan Seribu. Foto: Husen Miftahudin/Medcom.id
Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Wastuti (tengah) dalam peresmian acara Festival Kampung Berseri Astra (KBA) di Kepulauan Seribu. Foto: Husen Miftahudin/Medcom.id

Kampung Berseri Astra Dinilai Efektif Mempromosikan Kepulauan Seribu

Nasional pariwisata
Husen Miftahudin • 29 Juni 2019 18:17
Jakarta: Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyatakan Festival Kampung Berseri Astra (KBA) medium paling efektif dalam mempromosikan pariwisata di wilayah Kepulauan Seribu. Sebagai bagian dari kontribusi sosial yang diselenggarakan PT Astra International Tbk, KBA diharapkan dapat mendorong jumlah turis di Kepulauan Seribu.
 
"Festival Kampung Berseri Astra dapat menjadi media yang paling efektif dalam mempromosikan Kepulauan Seribu. Kampung Berseri Astra bisa meningkatkan jumlah wisatawan, menciptakan nilai transaksi ekonomi, serta mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat di Kepulauan Seribu," ujar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar, Wastuti dalam acara Festival KBA di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Sabtu, 29 Juni 2019.
 
Soal arah kebijakan pembangunan pariwisata, Kemenpar punya empat pilar. Pertama, pemasaran pariwisata nasional. Pilar ini bertujuan untuk mendatangkan sebanyak mungkin kunjungan wisatawan mancanegara dan mendorong jumlah wisatawan domestik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Kemenpar pada 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepulauan Seribu rata-rata sebanyak 77.146 turis. Sementara jumlah kunjungan wisatawan nusantara ke Kepulauan Seribu rerata sebanyak 147.588 orang.
 
"Dari jumlah kunjungan yang semakin meningkat, diharapkan juga ada perkembangan home stay yang berkualitas sehingga kebutuhan amenitas terhadap wisatawan nantinya dapat terpenuhi dan nantinya akan meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar," jelas dia.
 
Kedua, sambung Wastuti, pembangunan destinasi wisata. Dalam hal ini, Kemenpar berupaaya untuk meningkatkan daya tarik daerah tujuan wisata sehingga berdaya saing di dalam maupaun luar negeri.
 
Ketiga, pembangunan industri pariwisata. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi usaha lokal dalam indusri pariwisata nasional serta meningkatkan keragaman daya saing produk dan jasa pariwisata nasional di setiap destinasi pariwisata yang menjadi fokus pemasaran.
 
"Pilar keempat, pembangunan kelembagaan pariwisata, yaitu membangun sumber daya manusia pariwisata serta organisasi kepariwisataan nasional," tutur dia.
 
Di tahun ini, Kemenpar akan mengimplementasikan tiga program prioritas untuk pariwisata Indonesia. "Satu pariwisata digital (digital tourism), dua pondok wisata (home stay), tiga konektivitas udara," urai Wastuti.
 
Pulau Pramuka merupakan daerah yang disasar Astra untuk menggelar KBA dengan konsep lingkungan hidup. Sebagai kegiatan kontribusi sosial perusahaan, Astra punya empat komitmen besar untuk mengembangkan suatu daerah. Di antaranya bidang pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan kewirausahaan.
 
"Hari ini kita berkumpul semua bareng adik-adik dan para guru yang berasal dari 19 provinsi dengan mengambil tema lingkungan hidup. Bulan Mei yang lalu diselenggarakan di Sumatera Barat, nanti bulan Juli akan diadakan acara yang sama dengan tema kewirausahaan di Kota Malang," tukas Deputi Chief of Corporate Affair Astra, Riza Deliansyah.
 
Dalam kegiatan ini, sambung dia, Festival KBA mengajak seluruh pihak untuk peduli terhadap lingkungannya. Langkah tersebut dimulai dari diri sendiri dengan tidak menggunakan plastik secara berlebihan.
 
"Tujuannya untuk mengurangi sampah yang kita hasilkan dari kegiatan kita. Kami ingin mengajak kepada kita semua, apa yang dilakukan oleh saudara-saudara kita dengan Gerakan Nol Sampah bisa kita ikuti sehingga nantinya kita harapkan seluruh Indonesia bisa menjadi lebih bersih dibandingkan hari-hari sebelumnya," pungkas dia.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif