Seismograf. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Seismograf. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

BMKG: Gempa Besar Selatan Jawa, Potensi Bukan Prediksi

Nasional gempa bumi
Ilham Pratama Putra • 21 Juli 2019 23:33
Jakarta: Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Muhamad Sadly mengklarifikasi beredarnya informasi akan terjadinya gempa besar berkekuatan 8,8 skala richter yang memicu tsunami di Selatan Jawa. Menurutnya, tidak ada yang bisa memprediksi datangnya gempa.
 
"Ini adalah potensi bukan prediksi sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu," kata Sadly seperti dilansir Antara, Minggu 21 Juli 2019.
 
Kata Sadly, wilayah selatan Jawa memang rentan terjadinya bencana gempa. Hal ini bukan sesuatu yang harus ditakutkan dan dikhawatirkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Justru yang harus dilakukan masyarakat adalah edukasi mitigasi bencana sedari dini. Upaya mitigasi secara struktural dan nonstruktural. Salah satunya, dengan mendirikan bangunan aman gempa.
 
Selain itu, kata Sadly, diperlukan tata ruang pantai yang aman dari tsunami. Masyarakat juga diminta paham cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa bumi dan tsunami.
 
Masyarakat tak perlu panik dan harus diberi pemahaman wilayah Selatan Jawa dari Pantai Cilacap, Yogyakarta sampai Jawa Timur rawan terjadi gempa. Wilayah Selatan Jawa merupakan zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menajam ke bawah lempeng Eurasia merupakan generator gempa kuat.
 
"Sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat soal waktu, lokasi dan kekuatan gempa bumi. Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi," kata Sadly.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif